Dislutkan Prov. Kalteng Fasilitasi LPMUKP

Kontribusi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, 26 Februari 2021 15:39, Dibaca 161 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) yang diwakili oleh Sekretaris Dislutkan Prov. Kalteng Yuliani, SH., M.AP  menerima  kunjungan dari perwakilan Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP). Pertemuan tersebut dilakukan di Aula Kantor Dislutkan Prov. Kalteng, Jumat (26/2/2021). Dalam pertemuan ini, Sekretaris Dislutkan didampingi oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap Ir. H. Arief Rakhman F., M.Si, Kepala Bidang Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Ir. Hj. Rasifahani, M.Si, Kepala Bidang Kelautan dan Pesisir Zur Rawdoh, S.Pi, dan Kepala Seksi Standarisasi Usaha Ir. Lesep, M.Si.

LPMUKP didirikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk dapat meningkatkan akses permodalan masyarakat kelautan dan perikanan. LPMUKP dibentuk pada tanggal 20 September 2009 melalui Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan, dengan Visi: Menjadi lembaga pengelola modal usaha produktif yang profesional, akuntabel dan transparan untuk kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan. Menindaklanjuti penetapan LPMUKP sebagai instansi pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum, Menteri Kelautan dan Perikanan menerbitkan pula Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 3/PERMEN-KP/2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (OTK LPMUKP).

(Baca Juga : SOP Penyemprotan Disinfektan Covid-19)

Penetapan OTK LPMUKP ini dilaksanakan setelah mendapatkan pertimbangan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Sejalan dengan penetapan ini, LPMUKP mendapatkan penegasan dari tugas utamanya yaitu melakukan pengelolaan pinjaman atau pembiayaan dana bergulir yang berpendampingan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sektor Kelautan dan Perikanan (UMKM-KP).

Pada kesempatan ini, LPMUKP membahas program penguatan modal kredit bunga ringan untuk membantu pengembangan usaha kelautan dan perikanan bagi pelaku usaha perikanan secara kelompok maupun perorangan, khususnya bagi pelaku usaha di Kalimantan Tengah, sehingga meringankan pelaku usaha dalam melaksanakan usahanya di bidang perikanan karena permasalahan yang utama bagi pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan adalah permodalan. Program ini mendapat dukungan sepenuhnya dari jajaran Dislutkan Provinsi maupun kabupaten/kota.

Menanggapi hal tersebut, Kadislutkan Prov. Kalteng H. Darliansjah menyampaikan bahwa program dari LPMUKP ini disambut dengan baik oleh pemerintah daerah terutama Gubernur Kalimantan Tengah yang sangat mendukung program dari LPMUKP untuk mengatasi masalah permodalan bagi pelaku usaha.

“Bapak Gubernur berpesan agar segera melakukan launching dan penyerahan kredit untuk pelaku usaha perikanan di Kalimantan Tengah, sehingga pelaku usaha perikanan di Kalimantan Tengah dapat semakin berkembang dan sejahtera,” pesan Kadislutkan H. Darliansjah. (CK/ Foto: AR)

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook