Sekda Kalteng Buka Rapat Koordinasi Daerah LPTQ Se-Kalteng Tahun 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 Februari 2021 10:00, Dibaca 1,610 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan Sambutan sekaligus membuka secara langsung Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Se-Kalteng Tahun 2021, bertempat di Hotel Swissbell Danum Palangka Raya, Kamis (25/02/2021).


Ketua Umum LPTQ Prov. Kalteng H. Nuryakin dalam laporannya menyampaikan hal-hal berkenaan dengan pelaksanaan Rakorda LPTQ Tahun 2021, antara lain sebagai berikut. Pertama, Perjalanan kepengurusan LPTQ Prov. Kalteng, dibawah kepemimpinan Pengurus LPTQ Prov. Kalteng periode Tahun 2019-2023, tentunya masih belum bisa berbuat banyak dan harus melakukan pembenahan guna mempertajam pengembangan rencana kerja LPTQ dan juga mengupayakan pelaksanaan MTQ/STQ yang di kalteng yang lebih baik dan terpercaya dalam rangka menjalankan amanat hasil MUSDA IX LPTQ Tahun 2018.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Kampanye Penggunaan Masker Serentak dan Deklarasi Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Setiap Tahapan Pilkada Tahun 2020)

Kedua, pada Tahun 2020 yang lalu, seyogyanya LPTQ Prov. Kalteng bersama Pemerintah Kabupaten Barito Selatan melaksanakan penyelenggaraan MTQ XXX Tingkat Prov. Kalteng.

”Akan tetapi karena saat itu situasi dan kondisi wabah pandemi Covid-19 sedang mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bahkan Pemerintah Pusat pun telah mengeluarkan edaran terkait larangan untuk kegiatan yang mengumpulkan (berkerumunan) maupun interaksi yang melibatkan banyak orang. Sehingga mendekati hari H pelaksanaan, kegiatan MTQ tersebut harus kita batalkan/ditiadakan”, tutur H. Nuryakin.

Ketiga, meskipun MTQ Provinsi di Tahun 2020 dibatalkan/ditiadakan dan ditengah keterbatasan, namun LPTQ Prov. Kalteng tetap mempersiapkan Kafilah Kalteng untuk mengikuti penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII di Kota Padang Prov. Sumatera Barat.

“Pada penyelenggaraan MTQ Nasional XXVIII di Kota Padang Prov. Sumatera Barat tahun 2020 yang lalu, Alhamdulilah salah seorang peserta Kafilah Kalteng mampu meraih prestasi sebagai terbaik III Cabang Tilawah Golongan Remaja Putera an. Wahyu Andi Saputra dari Kabupaten Kotawaringin Barat”, imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, H. Nuryakin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas bantuan dan dukungan sepenuhnya terutama dari Gubernur Kalteng terhadap upaya peningkatan dan perkembangan kinerja LPTQ Prov. Kalteng. Diutarakan oleh H. Nuryakin, sebagaimana diketahui, bahwa pada tanggal 7 September 2020 Gedung lama Sekretariat LPTQ Prov. Kalteng mengalami musibah yakni terbakar akibat adanya arus pendek jaringan listrik. Adapun Gedung Sekretariat LPTQ yang baru sampai saat ini masih proses pengerjaannya.

“Kita berharap pembangunan Gedung Sekretariat LPTQ tersebut dapat segera diselesaikan sehingga dapat juga difungsikan untuk lebih menunjang kelancaran program kerja LPTQ Prov. Kalteng sehingga akan datang yang nantinya juga akan menjadi Pusat pelatihan dan pembinaan generasi Qur’ani di Kalteng”, tambah H. Nuryakin.

H. Nuryakin juga mengajak para pengurus LPTQ Kabupaten/Kota untuk berperan aktif dalam berkoordinasi dan bersinergi bersama LPTQ Prov. Kalteng dalam upaya meningkatkan kualitas pembinaan dan kader-kader generasi muda Kalteng yang lebih handal dan berkompeten serta tentunya mencintai Al-Qur’an dalam hal ini melalui kegiatan MTQ/STQH dan juga pererat silahturahmi antar umat demi tegaknya pengembangan syiar Islam untuk senantiasa mewujudkan Kalteng semakin Berkah.

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan menyambut baik dan memberikan apresiasi atas diselenggarakannya Rakorda LPTQ se-Kalteng Tahun 2021 ini, selain sebagai media untuk bersilaturrahmi, akan tetapi juga sebagai upaya LPTQ untuk saling melakukan pembenahan, penguatan, penataan dan bersinergi serta saling bekerjasama baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota terutama untuk komitmen pembinaan yang lebih intensif dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Beberapa hal disampaikan oleh Fahrizal Fitri pada Rakorda LPTQ se-Kalteng Tahun 2021 diantaranya Bahwa berdasarkan Keputusan Gubernur Kalteng Nomor 188.44/579/2019 tanggal 18 Desember 2019 tentang Penetapan Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat sebagai Tempat Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an 31 Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 dan Kota Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan sebagai Tempat Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an 32 Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023.

“Namun sesuai Surat Bupati Kotawaringin Barat tentang penundaan terkait Kota Pangkalan Bun sebagai Tuan Rumah MTQ Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2021 dengan alasan pemulihan perekonomian dan masyarakat pasca masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, saya berharap melalui Rakorda LPTQ ini, selain membahas berkenaan dengan Program Kerja maupun LPTQ juga nantinya membahas tentang Tuan Rumah Penyelenggaraan MTQ Tingkat Prov. Kalteng yang dilaksanakan bulan November 2021”, ucap Fahrizal Fitri.

Fahrizal Fitri juga mengajak  para pengurus LPTQ Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengali potensi dan strategi pengembangan maupun penguatan program kerja LPTQ Provinsi dan Kabupaten/Kota      se-Kalteng, dalam upaya peningkatan sumber daya peserta yang lebih handal dan berkompeten untuk semua cabang/golongan yang dilombakan, guna meraih prestasi yang lebih baik, terutama dalam menghadapi penyelenggaraan MTQ/STQH Prov. Kalteng dan STQH Nasional Tahun 2021. Fahrizal Fitri berharap agar LPTQ Prov. Kalteng untuk selalu berkoordinasi dengan LPTQ Nasional sehingga terjadi sinkronisasi/ sinergitas kebijakan Nasional tentang pengembangan LPTQ serta peningkatan pelaksanaan MTQ/STQH                      di Daerah.

Selain itu, Fahrizal Fitri juga mengajak dan menghimbau kepada seluruh peserta Rakorda LPTQ Tahun 2021, pasca ditetapkannya putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (RI) dan KPU Prov. Kalteng, terkait hasil Pemilukada Gubernur Kalteng-Wakil Gubernur Kalteng dan Bupati Kotawaringin Timur – Wakil Bupati Kotawaringin Timur untuk tetap senantiasa menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan serta persaudaraan, agar kehidupan bermasyarkat di Kalteng senantiasa harmonis dan damai guna bersama-sama mewujudkan Kalteng semakin Berkah.

Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, Fahrizal Fitri kembali mengajak sekaligus menghimbau kepada seluruh peserta dan umumnya masyarakat Kalteng, agar senantiasa menjaga kesehatan dan berupaya meningkatkan kekebalan/imunitas tubuh dengan berolahraga, mengatur pola makan, biasakan mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak seraya memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT, sehingga masyarakat Kalteng segera terlepas dan bebas dari pandemi Covid-19.

Terakhir disampaikan oleh Fahrizal Fitri, dalam penyelenggaraan MTQ/STQH bidang perhakiman juga harus senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Provinsi dan Nasional serta upayakan pengkaderan maupun pendalaman kompetensi Dewan Hakim, sehingga perlu diadakan semacam orientasi/pelatihan sebelum MTQ/STQH dilaksanakan, karena Dewan Hakim harus berkompeten dan memiliki integritas serta menguasai  bidang keahliannya  masing-masing.

Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalteng H. Abdul Rasyid, Plt. Kepala Biro kesejahteraan masyarakat Setda Prov. Kalteng H. Achmad Hairudin, Ketua Penyelenggara Rakorda LPTQ H. Syahrudin, Ketua Majelis Ulama Indonesia Prov. Kalteng H. Khairil Anwar serta seluruh peserta Kabupaten/Kota.(WDY/Foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook