Potensi Sumber Benih Kelapa Dalam Unggul Lokal di Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Dinas Perkebunan Kalteng, 25 Februari 2021 10:08, Dibaca 6,749 kali.


Kelapa (Cocos nucifera L.) merupakan salah satu komoditi unggulan perkebunan di Indonesia. Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia merupakan habitat yang sangat cocok bagi pertumbuhan kelapa. Pohon kelapa dapat dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia. Tidak heran jika Indonesia dinobatkan sebagai negara penghasil kelapa terbesar di dunia. Perkebunan kelapa di Indonesia didominasi oleh perkebunan rakyat yaitu sebesar 97 % dari total luas areal keseluruhan. Data yang diperoleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan menunjukkan, pada tahun 2019 Indonesia memiliki luas areal kelapa 3.500.726 (ha) dan menghasilkan produksi sebanyak 2.992.190 (ton). Namun, pengembangan kelapa di Indonesia dirasakan masih belum optimal hingga saat ini termasuk di Provinsi Kalimantan Tengah. Salah satu kendala yang dihadapi petani dalam pengembangan kelapa adalah banyak pohon kelapa yang sudah tua yang harus segera diremajakan, akan tetapi peremajaan pohon kelapa terkendala karena ketersediaan benih unggul kelapa dari sumber benih resmi yang masih sangat jauh di bawah jumlah kebutuhan.

Percepatan peremajaan kelapa tidak dapat dipenuhi dengan pembangunan kebun induk kelapa karena membutuhkan waktu yang lama. Benih hasil proses seleksi pohon induk sebagai bahan tanaman baru dapat diperoleh sekitar 5 tahun ke depan untuk menjamin kestabilan produksinya. Oleh karena itu, pemerintah mengupayakan beberapa strategi untuk memenuhi kebutuhan benih kelapa unggul bermutu salah satunya dengan menggunakan varietas kelapa dalam unggul lokal. Varietas kelapa dalam unggul lokal adalah benih kelapa unggul yang dihasilkan dari kebun Blok Penghasil Tinggi (BPT) yang telah ditetapkan dan mendapat Surat Keputusan Menteri Pertanian RI. Blok Penghasil Tinggi (BPT) merupakan areal yang berisi sekelompok tanaman yang terpilih dan berproduksi tinggi. Namun, tidak semua kelapa yang ada di dalam BPT dapat digunakan sebagai benih. Dalam sebuah BPT hanya dipilih beberapa tanaman kelapa saja (5 - 15 % dari total luas kebun BPT) untuk menghasilkan benih terutama yang memiliki produktivitas tinggi yang disebut Pohon Induk Terpilih (PIT). Blok Penghasil Tinggi (BPT) memerlukan waktu yang lebih cepat karena tanamannya sudah stabil dan hanya untuk memenuhi kebutuhan penyediaan benih di daerah.

(Baca Juga : Relasi Sosial dalam Bukber)

Provinsi Kalimantan Tengah telah memiliki 4 (empat) lokasi kebun Blok Penghasil Tinggi (BPT) kelapa dalam, 2 (dua) diantaranya berada di Kabupaten Kotawaringin Timur, 1 (satu) lokasi berada di Kabupaten Seruyan dan 1 (satu) lokasi berada di Kabupaten Kotawaringin Barat. Harapannya keempat kebun Blok Penghasil Tinggi (BPT) ini dapat memenuhi kebutuhan benih kelapa dalam di wilayah Kalimantan Tengah. Penilaian kebun Blok Penghasil Tinggi (BPT) kelapa dalam dilaksanakan oleh Tim Penilai yang terdiri dari Pengawas Benih Tanaman Direktorat Jenderal Perkebunan, Pemulia Tanaman Kelapa dari Balit Palma Manado, Pengawas Benih Tanaman UPT Balai Perlindungan Perkebunan dan Pengawasan Benih Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah, dan Petugas Teknis dari Dinas pada masing-masing kabupaten.

 1. Kelapa Dalam Unggul Lokal Kotawaringin Timur

  • Kebun BPT Kelapa Dalam Unggul Lokal milik Kelompok Tani Harapan Makmur

Lokasi                    :  Desa Serambut Kec. Pulau Hanaut Kab. Kotawaringin Timur

Luas Kebun BPT   :  100 Ha

Tahun Tanam        :  1977

Jumlah PIT            :  5.000 pohon

Potensi Produksi    :  420.000 butir/tahun

Produksi Kopra      :  2,43 ton kopra/ha/tahun

Asal Usul Benih     :  BPT Desa Bahaur Kec. Kahayan Kuala  Kab. Pulang Pisau

Pemulia                  :  Dr. Ir. Donata S. Pandin, M.Si.

  • Kebun BPT Kelapa Dalam Unggul Lokal milik Kelompok Tani Karya Bersama

Lokasi                    :  Desa Regei Lestari Kec. Teluk Sampit Kab. Kotawaringin Timur

Luas Kebun BPT   :  100 Ha

Tahun Tanam        :  1986

Jumlah PIT            :  3.500 pohon

Potensi Produksi    :  294.000 butir/tahun

Produksi Kopra      :  2,0 ton kopra/ha/tahun

Asal Usul Benih     :  BPT Desa Handil Sohor Kec. Mentaya Hilir Selatan Kab. Kotawaringin Timur

Pemulia                  :  Dr. Ir. Donata S. Pandin, M.Si.

Kebun sumber benih kelapa dalam (kebun blok penghasil tinggi) unggul lokal di Kabupaten Kotawaringin Timur telah ditetapkan pada tanggal 28 Desember 2016 sebagai Kebun Sumber Benih Unggul Lokal melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian RI  No. 107/Kpts/KB.020/12/2016.

 

2. Kelapa Dalam Unggul Lokal Seruyan

  • Kebun BPT Kelapa Dalam Unggul Lokal milik Herlina Fitriana

Lokasi                    :  Desa Pematang Panjang Kec. Seruyan Hilir Timur Kab. Seruyan

Luas Kebun BPT   :  9,5 Ha

Tahun Tanam        :  1972

Jumlah PIT            :  150 pohon

Potensi Produksi    :  11.040 butir/tahun

Produksi Kopra      :  2,36 ton kopra/ha/tahun

Asal Usul Benih     :  BPT Desa Sungai Undang Kec. Seruyan Hilir Kab. Seruyan

Pemulia                  :  Dr. Ir. Donata S. Pandin, M.Si.

Kebun sumber benih kelapa dalam (kebun blok penghasil tinggi) unggul lokal di Kabupaten Seruyan telah ditetapkan pada tanggal 10 Juli 2017 sebagai Kebun Sumber Benih Unggul Lokal melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian RI No. 39/KPTS/KB.020/7/2017.

 

3. Kelapa Dalam Unggul Lokal Kotawaringin Barat

  • Kebun BPT Kelapa Dalam Unggul Lokal milik Asia Anita

Lokasi                    :  Desa Sabuai Kec. Kumai Kab. Kotawaringin Barat

Luas Kebun BPT   :  8,5 Ha

Tahun Tanam        :  1997

Jumlah PIT            :  150 pohon

Potensi Produksi    :  12.150 butir/tahun

Produksi Kopra      :  2,36 ton kopra/ha/tahun

Asal Usul Benih     :  BPT Desa Sungai Cabang Kec. Kumai Kab. Kotawaringin Barat

Pemulia                  :  Ir. Elsje T. Tenda, M.S.

Kebun sumber benih kelapa dalam (kebun blok penghasil tinggi) unggul lokal di Kabupaten Kotawaringin Barat telah ditetapkan pada tanggal 19 Oktober 2018 sebagai Kebun Sumber Benih Unggul Lokal melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian RI No. 119/Kpts/KB.020/10/2018. (Mardiana Agustin, S.P)

Dinas Perkebunan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook