PC NU Palangka Raya Ziarah Bersama Majelis Talim Ratib Athos

Kontribusi dari MTsN 2 Palangka Raya, 20 Februari 2021 16:31, Dibaca 103 kali.


MMCKalteng - Sampit - Bagi warga NU, ziarah kubur memang menjadi tradisi dari generasi ke generasi. Warga NU tidak hanya melakukan ziarah kubur ke makam orang tua atau nenek moyangnya yang sudah meninggal, tapi juga ziarah kubur ke makam para kiai, ulama dan waliyullah.


Untuk memelihara tradisi itu, PC NU Kota Palangka Raya bersama rombongan Majelis Talim Ratib Athos Palangka Raya yang dipimpin langsung oleh KH. Muhammad Rijani yang juga Wakil Rois Syuriah NU kota Palangka Raya. Rute ziarah kali ini ke makam Syeh H Abdul Hamid yang terletak di Pantai Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk, Sampit, Sabtu (20/2/2021). 

(Baca Juga : Asap Pekat, Pemko Palangka Raya Liburkan Siswa)

Ketua PC NU Kota Palangka Raya Ustadz M Syahrun mengatakan, ini adalah agenda Majelis Talim Ratib Athos Palangka Raya dan PC NU ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

"Sebenarnya ini adalah agenda rutin Majelis Talim Ratib Athos Palangka Raya yang dipimpin oleh guru kita KH Muhammad Rijani dan PC NU Kota Palangka Raya ikut bersama rombongan dengan beberapa Masjid yang ada di Palangka Raya," ucapnya. 

Syahrun juga menambahkan, ziarah ini adalah salah satu tradisi warga Nahdiyin, selain itu juga menjadi syiar dakwah Islam khususnya bagi warga Nahdiyin.

"Tradisi ziarah ini akan kita tetap jaga, apalagi berziarah ke makam orang Sholeh itu sudah dilakukan oleh para kyai NU dari zaman dulu. Karena ziarah makam wali merupakan tradisi turun-temurun yang sudah berakar kuat di kalangan umat Islam di Palangka Raya khususnya di kalangan nahdliyin sebagai representasi dari masyarakat nusantara yang masih berpegang teguh pada tradisi sebagai bentuk penghormatan kepada nenek moyang, khususnya para wali atau penyebar agama Islam di tanah nusantara. Dan juga tradisi Ziarah makam wali memiliki peran dan posisi strategis untuk dijadikan sebagai media dakwah yang cukup efektif khususnya di kalangan nahdliyin sebagai mayoritas masyarakat di Palangka Raya," jelasnya. 

Syahrun juga berharap nantinya tradisi ziarah ini akan dijadikan agenda tahunan yang nantinya akan rutin dilakukan setiap tahunnya. 

"Kami berharap ziarah ini bisa dilaksanakan bersama Badan Otonom (Banom) NU yang lainnya, dan nantinya bisa menjadi program kerja NU Palangka Raya. Semoga kita semua bisa Istiqomah dalam menjalankannya," harapnya. (Anastas Khumaini/Foto/PCNU Palangka Raya)

MTsN 2 Palangka Raya

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook