Jadikan Masker Sebagai Kebiasaan Dalam Keseharian

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 08 Februari 2021 13:43, Dibaca 212 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya –  Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Seperti yang kita ketahui, saat ini Covid-19 tengah merebak di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di negara Indonesia.

Penyebaran  Covid-19 sangat mudah, salah satunya melalui droplet yang tercipta dari batuk maupun bersin dari orang yang terinfeksi kemudian terhirup orang yang sehat. Dalam memerangi Covid-19, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah terus menerapkan kebiasaan hidup baru diantaranya dengan tetap disiplin protokol kesehatan dan mengingatkan masyarakat selalu memakai masker.

(Baca Juga : Pembekalan PIDI Angkatan I Periode Februari Tahun 2021 Provinsi Kalimantan Tengah)

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah yang juga sekaligus sebagai Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah Ir. H. Darliansjah, M.Si mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 ini new normal atau kebiasaan hidup baru merupakan kewajiban yang harus ditaati oleh setiap orang yaitu dengan memakai masker. Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di tempat-tempat umum, seperti pasar dll. Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran Covid-19.


Upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, yaitu selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. Penggunaan masker dirasa cukup membantu mencegah penyebaran Covid-19, pentingnya disiplin pakai masker untuk mencegah penularan Covid-19.

"Penularan Covid-19 umumnya melalui droplet/cairan tubuh yang keluar dari hidung/mulut seseorang yang telah terinfeksi. Pada saat batuk ataupun bersin droplet tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda/permukaan atau tangan. Di saat itu, fungsi masker menjadi sangat penting ketika kita berada diantara orang-orang, meski kamu merasa sehat, tetaplah memakai masker saat bepergian,” ucapnya, Senin (8/2/2021). 

“Harapan kami, dengan dibagikannya masker kepada masyarakat, salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, hal ini sesuai dengan imbauan Presiden Republik Indonesia untuk memberikan penekanan pada pemakaian masker. Karena pandemi belum berakhir, maka masker harus selalu dipakai, tidak bosannya kami mengingatkan masyarakat untuk selalu memakai masker, memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Harapan kami taatlah menggunakan masker dan juga taat menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya,” tutupnya. (Pky.08/2/2021/AbR/foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook