Pemkab Kobar Mulai Operasikan Bus Unit Pelayanan KB

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 04 Februari 2021 08:06, Dibaca 28 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai mengoperasikan Mobil Pelayanan (Muyan) KB. Mobil unit pelayanan KB tersebut berupa bus dilengkapi dengan sejumlah peralatan medis, dapat melakukan pelayanan di sejumlah daerah yang jauh, di desa-desa yang masyarakatnya membutuhkan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi.

Mobil unit pelayanan KB memang dirancang khusus untuk bisa melayani para akseptor yang ingin ber-KB. Pengadaan mobil operasional tersebut bersumber dari dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020.

(Baca Juga : Optimalisasi Taman Sains Teknologi Kota Palangka Raya)

Secara simbolis, mobil pelayanan ini dilepas oleh Bupati Kobar Hj Nurhiydayah didampingi Deputi Bidang Keluarga dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN RI. Kehadiran Deputi KBKR besama tim pada Kamis (4/2/2021) ini sekaligus untuk melaksanakan launching Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dana BOKB tahun 2021 di Kecamatan Pangkalan Banteng.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan apresiasinya atas dukungan dari BKKBN RI. Hj Nurhidayah berharap dukungan tambahan sarana dan prasarana ini makin memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat.

“Mobil pelayanan KB ini sangat strategis selain mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, mereka terbantu juga sebagai media sosialisasi yang efektif untuk meningkatkan kepesertaan ber-KB di suatu daerah,” kata Hj Nurhidayah.

“Sesuai semboyan program KB saat ini, kita ingin ke terus membangun keluarga berencana yang berkualitas,” lanjutnya.

Hj Nurhidayah menambahkan juga akan terus membuat program-program terpadu yang melibatkan lintas sektor termasuk di tingkat kecamatan dan desa. Kegiatan simbolis pelepasan mobil operasional yang digelar di halaman Kantor Bupati ini juga dihadiri Ketua DPRD Kobar, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng dan Kepala DP3AP2KB Kobar. (prokom kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook