Cegah Penularan Covid-19 Dengan Rajin Bersihkan Diri

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 01 Februari 2021 14:54, Dibaca 140 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Penyemprotan dengan menggunakan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi dapat meminimalisir resiko penyebaran dan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Covid-19 dapat menular antar manusia melalui seseorang yang terinfeksi Covid-19 sebelumnya. Sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 lebih lanjut, Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi di area Kelurahan Langkai Palangka Raya, Senin (1/2/2021). 

Koordinator Bidang Perubahan Perilaku Kibue mewakili Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah Ir. H. Darliansjah, M.Si mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi diharuskan dilakukan secara berkala dengan tujuan membersihkan dan menghilangkan Covid-19.

(Baca Juga : Penyaluran Bansos Menggunakan Helikopter)

“Cara penyebaran Covid-19 dapat melalui udara, melalui seseorang yang terinfeksi sebelumnya, kemudian orang tersebut batuk atau bersin. Secara umum Covid-19 akan mati apabila terkena cairan yang berbahan sabun. Cairan berbahan sabun tersebut contohnya cairan disinfektan yang diformulasikan untuk bahan disinfektan,” tutupnya.

Salah seorang warga Kelurahan Langkai Noorwanto menyampaikan, “Sangat menyambut baik atas upaya yang dilakukan oleh Tim Satgas Penanganan Covid-19 Prov Kalteng dalam mencegah terjadinya penularan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan di rumah. Dilakukannya penyemprotan tersebut karena ibu saya ada riwayat penyakit asma, hipertensi dan sudah berusia 55 tahun yang rentan tertular Covid-19 dari saya dan orang lain,“ ucapnya.

“Karena ada orang tua yang rentan terpapar Covid-19 tersebut, upaya pencegahan yang saya lakukan, saya selalu taat menerapkan protokol kesehatan. Contohnya setelah pulang bekerja, terlebih dahulu mandi membersihkan diri baru boleh sungkem cium tangan orang tua dan bercengkrama,” tutupnya. (Pky.1/2/2021/DewiS&AbR/foto/ Data:PusdalopsBPBPKKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook