Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 01 Februari 2021 09:00, Dibaca 343 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) dr. Suyuti Syamsul, MPPM menerima suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 pada hari ini Senin (1/2/2021) pukul 08.00 wib. Pemberian vaksinasi kedua ini dilaksanakan di Puskesmas Menteng Kota Palangka Raya.

Pelaksanaan vaksinasi kedua ini seharusnya dilakukan tepat 14 hari setelah vaksin pertama. Namun, dikarenakan ada kegiatan lain, Kepala Dinas Kesehatan meminta jadwal ulang vaksinasi pada hari ini.

(Baca Juga : Dishub Kalteng dan BPTD Wil. XVI Ikut Sosialisasikan Aturan Sepeda dan Personal Mobile Device )

Penyuntikan Vaksin Covid-19 dosis kedua ini juga diikuti oleh Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyatno. Di saat yang sama, Kepala Balai Besar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palangka Raya Leonard Duma dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APKB) Prov. Kalteng sekaligus Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng dr. Alfonsus DM. Rian Tangkudung, M.Kes menerima vaksinasi pertama.

Sebelum pemberian vaksinasi kedua ini, dr. Suyuti melaksanakan observasi yang dilakukan oleh Tim Medis. Hasil dari observasi ini menyatakan dr. Suyuti tidak ada keluhan terhadap vaksinasi sebelumnya.


Dalam kesempatan ini dr. Suyuti mengatakan, “Mestinya saya divaksinasi kedua pada hari kamis tanggal 28 Januari 2021 lalu, tetapi pada saat itu saya menunggu hasil PCR karena supir saya dinyatakan positif Covid-19, sehingga saya harus memastikan bahwa saya negatif sehingga bisa menerima vaksin kedua,” imbuhnya.

Setelah hasil PCR keluar dan dinyatakan negatif, dr. Suyuti menyampaikan bahwa vaksinasi pertama yang ia terima sebelumnya telah berhasil melindungi dirinya dari penularan Covid-19. 

"Sampai dengan tadi malam, yang sudah menerima vaksinasi kedua se-Prov. Kalteng sekitar 800 orang, karena memang prosesnya ini bertahap. Untuk vaksinasi tahap pertama Kabupaten Pulang Pisau sekitar 68% dan Kota Palangka Raya 54%, hasil ini cukup bagus. Dan saya juga merasa tidak ada efek samping yang berlebihan dari vaksinasi yang pertama sampai kedua ini," ucapnya.

dr. Suyuti juga mengatakan, Pemerintah menargetkan vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan akan dilakukan hingga akhir bulan Februari tahun 2021. "Setelah itu kita memasuki sasaran baru sekitar 17 juta se-Indonesia yaitu TNI, Polri, Tenaga Pendidik dan Pelaku Ekonomi. Untuk Provinsi Kalimantan Tengah kurang lebih sekitar 50.000," jelasnya.


dr. Suyuti menambahkan, vaksinasi ini sudah dijamin keamanan dan kehalalannya. Vaksin merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang paling baik dalam memberi perlindungan terhadap penyakit. "Vaksinasi atau imunisasi yang dilakukan saat ini sebenarnya sudah dilakukan sejak ratusan tahun yang lalu," pungkasnya.

"Dan hasilnya luar biasa, sebagai contoh vaksinasi polio berjalan yaitu sangat jarang dan hampir tidak ditemukan lagi kasus polio. Sehingga kita berharap bahwa covid-19 ini juga bisa kita turunkan sama seperti penyakit yang lain, ketika angka kekebalan terhadap masyarakat sudah cukup tinggi. Minimal masyarakat yang terima vaksin sekitar 70% capaiannya," tutupnya. (PPID Prov Kalteng/Foto:GRY)

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook