Penyemprotan Disinfektan di Area Perumahan Pasien Covid-19

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 31 Januari 2021 17:36, Dibaca 954 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bukanlah akhir dari segalanya dan banyak diantara mereka yang dinyatakan positif Covid-19 kini telah sembuh dan kembali beraktivitas seperti sedia kala setelah menjalani perawatan. Sebagai upaya pencegahan penularan dan penyebaran Covid-19 lebih lanjut, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan sterilisasi dan disinfeksi di area Kelurahan Palangka, Kota Palangka Raya, Minggu (31/1/2021).

Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah  Ir. H. Darliansjah, M.Si melalui Koordinator Bidang Perubahan Perilaku Kibue mengatakan di tengah pandemi Covid-19, menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak aman merupakan hal yang harus dipatuhi semua orang. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

(Baca Juga : Kadinkes Kalteng Buka Pertemuan Edukasi Germas Terhadap Penggunaan Alkes dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga)

“Disinfektan merupakan proses dekontaminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme berupa virus dan berupa bakteri pada objek permukaan benda mati. Sedangkan sterilisasi, yakni menghilangkan atau membunuh mikroorganisme secara keseluruhan,” jelasnya.

Saat ditemui, salah seorang pemilik toko pakaian khusus wanita Siti Fatimah  menyampaikan, ”Alhamdulliah, merasa terbantu dengan adanya penyemprotan yang dilaksanakan oleh tim Satgas Covid-19 Prov Kalteng di rumah saya. Dilakukannya penyemprotan ini karena saya ada memiliki anggota keluarga yang melaksanakan isolasi secara mandiri di rumah,“ ucapnya. 

“Pada awalnya gejala yang ditimbulkan memiliki ciri dengan gejala demam tinggi, meriang, radang tenggorokan. Alhamdulliah sudah ditangani oleh pihak medis. Pada saat ini melaksanakan isolasi secara mandiri di rumah ini dan bisa diterima dengan baik di tengah masyarakat,“ tutupnya. (Pky.31/1/2021/AbR&DewiS/foto/ Data:PusdalopsBPBPKKalteng).

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook