Focus Group Discussion tahun 2018 Diharapkan Dapat Memberikan Informasi Dan Data Lebih Lengkap Dan Komprehensif

Kontribusi dari Widianatalia, 15 Oktober 2018 12:04, Dibaca 787 kali.


MMCKalteng – Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Drs. Nurul Edy, M.Si, menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang diselenggarakan di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya, Sabtu (15/10).

Kegiatan yang bertemakan “Kerja Bersama Mewujudkan Data Investasi Berkualitas” juga dihadiri oleh Kasubdit Neraca Modal dan Luar Negeri BPS RI Hadi Susanto, S.Si, MA selaku narasumber dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah  Hanif Yahya, S.Si., M.Si, serta diikuti oleh peserta FGD Penyusunan Disagregasi PMTB Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2018.

(Baca Juga : Pameran Koleksi Khusus Tentang Bung Karno)

Sambutan Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Drs. Nurul Edy, M.Si, menyampaikan saat ini Pemerintah melalui BPS melakukan Penyusunan Disagregasi PMTB yang merupakan salah satu kegiatan prioritas Nasional Pemerintah Tahun 2018 yang harus diselesaikan. Investasi memang menjadi faktor penting dalam mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi serta penciptaan lapangan kerja. Investasi menjadi salah satu fokus pembangunan Pemerintah sebagaimana tercantum pada Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018 yang bertema Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan.

Beliau juga mengatakan, selama ini data investasi atau PMTB yang tersedia dalam PDB/PDRB masih bersifat agregat atau total belum rinci dan belum memberikan informasi tentang siapa yang melakukan, di lapangan usaha apa, dan dalam bentuk apa.

Diharapkan melalui FGD ini, Kepala Dinas/ Badan/ Instansi Vertikal serta pihak terkait dapat bekerjasama meningkatkan koordinasi dan mendukung BPS. Selain itu, para Pimpinan Perusahaan/ BUMN/ BUMD/ Yayasan/ Asosiasi dapat memberikan informasi dan data terkait proses bisnis dan investasi/barang modal yang digunakan dalam proses produksi untuk melengkapi dan menyempurnakan hasil Survei Disagregasi PMTB yang telah dilakukan oleh BPS Provinsi Kalimantan Tengah pada beberapa waktu lalu. Hasil FGD ini sangat penting agar penyediaan data investasi menjadi lebih lengkap dan komprehensif. (Foto:Asep)

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook