Peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, mari tanamkan hidup sehat sejak dini

Kontribusi dari Elga Arya Putra, 15 Oktober 2018 10:04, Dibaca 4,787 kali.


MMCKalteng- Kebiasaan mencuci tangan sejak dini, merupakan hal yang sederhana, namun bermanfaat besar bagi kesehatan.

Setiap 15 Oktober, diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Sedunia yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa.

(Baca Juga : Sekda Kalteng Hadiri Rakor Penanganan Darurat Bencana Karhutla Dengan Kepala BNPB)

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia merupakan kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya, baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Dilansir dalam kompas.com, Data Riset Kesehatan Dasar 2007 mengungkapkan bahwa penyakit diare masih menjadi penyebab kematian anak di Indonesia dengan angka 31 persen terjadi pada anak di bawah usia satu tahun.Sementara 25 persen terjadi pada anak dengan rentang usia satu hingga empat tahun.

Menurut catatan World Health Organization tahun 2014, mencuci tangan dengan sabun mampu mengurangi 40 persen risiko diare dan 20 persen risiko infeksi saluran pernafasan akut.

Sementara itu, data UNICEF yang tertuang dalam Prelimenary DRAFT Baseline Household Knowledge, Attitudes and Practices (KAP) of Sanitation and Hand Washing Practices Survey Results 2014 mengungkapkan bahwa 75,5 persen masyarakat Indonesia tidak mencuci tangan karena menganggap tangan mereka bersih.

Mari tanamkan perilaku hidup bersih sejak dini dan sehat agar mengurangi resiko penularan penyakit, dengan cuci tangan menggunakan sabun dapat menghilangkan kuman sehingga penularan penyakit semakin berkurang. (EAP, Foto: Net)

Elga Arya Putra

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook