Sekda Kalteng Hadiri Penandatanganan Kontrak Paket Tender/Seleksi Dini Kementerian PUPR TA 2021

Kontribusi dari Widia Natalia, 15 Januari 2021 10:48, Dibaca 200 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menghadiri acara Penandatanganan Kontrak Paket Tender/ Seleksi Dini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun Anggaran 2021 secara virtual melalui video conference dari Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (15/01/2021). Acara Penandatanganan ini digelar di Istana Kepresidenan Bogor disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini digelar guna menindaklanjuti arahan Presiden RI untuk mempercepat pelaksanaan anggaran Tahun 2021 dalam rangka memperkuat dan mempercepat pemulihan ekonomi Nasional. Mochamad Basoeki Hadimoeljono mengatakan bahwa sejak Bulan Oktober 2020, Kementerian PUPR telah melaksanakan Tender seleksi dini untuk 3.175 paket dengan nilai total Rp. 38,6 T. Hingga pada tanggal 15 Januari 2021telah diselesaikan proses tendernya sebanyak 1.191 paket senilai Rp. 14,6 T.

(Baca Juga : Lagu Daerah Merupakan Khasanah Yang tak Ternilai Harganya)

“Dengan rincian sebagai berikut, 209 paket senilai Rp. 2,1 T telah selesai tender dan dikontrak pada bulan Desember 2020. 982 paket senilai Rp. 12,5 T akan ditandatangani kontraknya secara serentak pada pagi hari ini yang akan disaksikan langsung oleh Bapak Presiden”, ucap Mochamad Basoeki Hadimoeljono.

Acara penandatangan kontrak dilaksanakan secara serentak oleh Pejabat Pembuat Komitmen dan Penyedia Jasa di Kantor-Kantor Balai PUPR di 34 Provinsi.


Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan Kementerian PUPR mendapatkan porsi anggaran yang terbesar, nilainya Rp. 149,8 T.

“Ini adalah jumlah yang sangat besar”, ungkap Presiden Joko Widodo.

Joko Widodo mengingatkan seluruh jajaran di Kementerian PUPR agar anggaran yang besar tersebut harus memiliki dampak yang signifikan, memberikan daya ungkit bagi ekonomi, membuat sektor kontruksi Nasional bergeliat kembali. Joko Widodo mengatakan bergeraknya kembali sektor kontruksi bukan saja memberikan kesempatan kerja bagi para pekerja kontruksi tetapi juga akan menggerakan rantai pasok sektor kontruksi sektor kontraktor.

Pada kesempatan tersebut, Presiden memberikan penghargaan serta apresiasi atas kinerja Kementerian PUPR yang sejak Bulan Oktober 2020, telah melakukan percepatan dengan proses tender atau seleksi dini.

“Saya menerima laporan sampai tanggal 15 Januari 2021, ada 209 paket senilai Rp. 2,1 T telah selesai tender dan 982 paket paket dengan nilai Rp. 12,5 T telah selesai tender dan telah siap di tandatangani pada hari ini”, tutur Joko Widodo.

Terkait masih banyaknya sisa tender yang belum selesai, Joko Widodo meminta Menteri PUPR melakukan percepatan sehingga di kwartal pertama semua paket sudah ditenderkan dan tandatangani kontraknya.

“Ini penting dalam rangka menggerakan ekonomi Nasional kita”, pungkas Joko Widodo.

Presiden juga mengingatkan kepada seluruh jajaran PUPR di Tahun 2021 agar bekerja lebih cepat lagi, menyadari bahwa saat ini masih dilanda krisis.

“Semangatnya harus berbeda, auranya harus berbeda, harus pindah channel ke extraordinary. Dengan bekerja lebih cepat maka kita bisa memberikan bangkit pada pertumbuhan ekonomi”, tambah Presiden.

Diketahui, pada Tahun 2020 pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi cukup dalam, sempat turun di -5,32 % di kwartal kedua 2020. Dan membaik menjadi -3,49 % di kwartal ketiga 2020.

“Meskipun mines tetapi membaik”, tambah Presiden.

Presiden berharap di kwartal keempat 2020 dan kwartal pertama 2021 pertumbuhan ekonomi Negara Indonesia mengalami reborn atau pemulihan kembali.

Turut hadir mendampingi Sekretaris Daerah yakni Sekretaris Dinas PUPR Prov. Kalteng Syahrani.(WDY/Foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook