Pemerintah Diminta Perhatikan Pengembangan SDM Lokal

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 22 Desember 2020 08:24, Dibaca 3 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) terus mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di Bumi Tambun Bungai. Menurut Anggota DPRD Kalteng H Muhajirin pada dasarnya masyarakat lokal memiliki kemampuan dalam menggerakkan serta mengembangkan pertanian dengan cara tradisional di Kalteng.

Namun pengembangan pertanian dengan cara tradisional masih terbilang kurang efisien dalam menunjang ketahanan pangan. Mengingat hasil dari pertanian tradisional masih berada di bawah rata-rata hasil dari pertanian berbasis teknologi yang saat ini tengah digenjot oleh pemerintah pusat.

(Baca Juga : Raperda LPj APBD 2018 Siap Dibahas)

“Yang jadi permasalahan saat ini adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terkait pengembangan pertanian dengan basis teknologi. Oleh karena itu perlu adanya perhatian dari pemerintah, khususnya dinas/instansi terkait untuk membantu mengembangkan SDM lokal,” kata Muhajirin saat dibincangi di gedung dewan, Senin (21/12/2020).

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) V meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau (Pulpis) ini juga mengungkapkan, apabila pemda mampu mendorong pengembangan SDM lokal dengan maksimal tentunya hal tersebut akan berdampak positif bagi daerah. Diantaranya, meningkatkan taraf perekonomian masyarakat lokal, meningkatkan hasil pertanian dengan didukung sistem berbasis teknologi, serta pemerintah tidak harus mendatangkan transmigrasi untuk menunjang program ketahanan pangan Kalteng.

“Sebenarnya tidak perlu mendatangkan transmigrasi untuk menunjang program ketahanan pangan Kalteng, cukup kembangkan SDM lokal kita. Pasalnya, apabila SDM lokal kita sudah memiliki kemampuan dalam bertani, hanya kekurangannya adalah petani tradisional belum memahami sistem pertanian berbasis teknologi. Sehingga ini lah yang harus didorong pemerintah melalui penyuluhan-penyuluhan dan praktik lapangan,” tegasnya.

Selain itu, sambung Muhajirin, permasalahan lain yang harus dihadapi oleh petani lokal adalah keterbatasan daya beli perihal penunjang pertanian seperti pupuk dan bibit.

“Di samping pengembangan SDM Lokal, pada dasarnya kan yang juga menjadi permasalahan adalah keterbatasan daya beli penunjang pertanian seperti pupuk dan bibit. Sehingga hal ini juga tidak boleh luput dari perhatian pemerintah karena dua hal ini lah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan pertanian dalam rangka menunjang ketahanan pangan,” pungkas Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng ini. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook