Plt. Sekdis Kominfo Kalteng Ikuti Program Literasi Vaksin Covid-19 Bersama KIP dan KPCPEN

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 Desember 2020 10:40, Dibaca 302 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Plt. Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Rommy Valentino Koetin mewakili Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng Agus Siswadi mengikuti program Literasi Vaksin Covid-19 secara virtual melalui video conference bersama Komisi Informasi Pusat (KIP) dan Komite Penanggulangan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi (KPCPEN) dari Gedung Smart Province (GSP) DiskominfoSantik, Senin (21/12/2020).

Sebagaimana diketahui, pada Januari 2021, Pemerintah merencanakan akan menggelar vaksinasi massal Covid-19 di masyarakat. Pada tanggal 3 Desember 2020, Pemerintah melalui Keputusan Kementerian Kesehatan No. 9860 Tahun 2020 juga telah menetapkan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Dan, pada tanggal 6 Desember lalu, pengiriman pertama vaksin Covid-19 dengan selamat sampai di tanah air.

(Baca Juga : KPCPEN Bekerjasama Dengan Kominfo Kalteng Menggelar Webinar Vaksin Aman, Masyarakat Sehat)

Kegiatan dimulai dengan laporan dari Sekretaris KIP Munzaer yang menyampaikan bahwa Pemerintah sudah mengkover penyediaan vaksin. Pemerintah juga sudah melakukan persiapan yang melewati berbagai uji coba.

“Hari ini kita mencoba agar semua stakeholder terkonsolidasi secara baik agar vaksin ini nantinya dapat terdistribusi dengan baik dan produktif”, tutur Sekretaris KIP Munzaer.

Selanjutnya, Ketua Informasi Pusat Gede Narayana dalam sambutannya mengutarakan bahwa KIP terus berupaya menginformasikan vaksin ini adalah aman kepada masyarakat. Gede Narayana juga menghimbau kepada seluruh Badan publik untuk menginformasikan informasi publik yang terbuka dan benar kepada masyarakat agar jangan sampai informasi vaksin yang telah diikhtiarkan secara baik oleh Pemerintah disalahgunakan dan bias informasi.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Komunikasi Publik KPCPEN sekaligus Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti membuka acara secara langsung dan menyatakan, mengutip statement Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, "Vaksin harus aman keselamatan rakyat prioritas tertinggi”.

“Kita sudah mendengar secara langsung Pak Presiden Jokowi dibeberapa kesempatan telah menyatakan vaksin covid-19 untuk masyarakat harus gratis dan akan berkenan untuk divaksin pertama kali”, jelas R. Niken Widiastuti.

Rosarita Niken Widiastuti mengatakan hal ini tentu merupakan komitmen yang sangat kuat untuk memberikan kepastian kepada masyarakat bahwa vaksin ini telah teruji dengan baik. Melalui Sosialisasi atau literasi vaksin untuk badan publik seperti ini, Rosarita Niken Widiastuti berharap semua mendapatkan pemahaman bagian yang benar untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Literasi vaksin Covid-19 hari ini saya buka”, tutup Rosarita Niken Widiastuti.

Hadir 3 narasumber yakni Direktur Registrasi Obat Badan POM Dr. Lucia Rizka Andalusia yang diwakili Staf uji klinik BPOM Siti Asfijah membawakan materi Pengawalan Vaksin yang Aman, Berkhasiat dan Bermutu, Kemudian narasumber kedua Komisioner Komisi Informasi Pusat Freddy Tulung yang membawakan materi Strategi Komunikasi Publik dalam mendukung Vaksinasi covid-19 serta narasumber terakhir yaitu Koordinator Program Literasi Covid-19 Komisioner Informasi Pusat Arif Adi Kuswardono yang membawakan materi Sukses Vaksinasi covid-19 Berbasis Informasi Publik.

Literasi Vaksin Covid-19 diikuti oleh pimpinan dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Badan Publik dan Penyelenggara Negara tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota.(YDS/Foto:YDS)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook