Pembinaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Melalui Saka Bakti Husada (SBH) Provinsi Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Dinkes Prov.Kalteng, 04 Desember 2020 13:49, Dibaca 1,004 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Menanamkan perilaku sehat dalam diri seseorang membutuhkan proses yang panjang, komitmen yang kuat dan dukungan dari provider kesehatan serta penggerak masyarakat termasuk jajaran Pramuka. Sejalan dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dengan tujuan agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak pada kesehatan terjaga, produktif, dan lingkungan bersih. Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Pembinaan GERMAS melalui Saka Bakti Husada (SBH) Provinsi Kalimantan Tengah bertempat di Hotel Neo Palangka Raya, Kamis (3/12/2020).


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kesehatan dr. Suyuti Syamsul, MPPM melalui Kasie Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Lilyk Rahmawati, SKM.MPH menambahkan, ajakan melaksanakan GERMAS ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat individu, keluarga, kelompok untuk mempraktekkan pola hidup sehat sehari-hari tidak terkecuali akademisi, dunia usaha, organisasi masyarakat termasuk Gerakan Pramuka agar menggerakkan institusi dan organisasi masing-masing di pusat dan daerah. Dengan GERMAS, kita mengajak kerja sama lintas program dan lintas sektor serta seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat dan Kalimantan Tengah Berkah.

(Baca Juga : Penguatan Penyeliaan Fasilitatif Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Tahun 2020)


Mendukung GERMAS, berarti kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional. Menyelesaikan permasalahan dalam mewujudkan pembangunan kesehatan saat ini, memerlukan kerja sama yang kuat antar pemerintah dengan masyarakat.

Kelompok–kelompok masyarakat ini terbentuk dalam suatu struktur organisasi yang telah melakukan gerakan membantu masyarakat di lingkungannya agar mampu hidup sehat melalui pendidikan informal yang disebut sebagai Gerakan Pramuka, memiliki tugas pokok mendidik dan membina kaum muda Indonesia agar menjadi tenaga kader pembangunan yang beriman dan takwa, berilmu pengetahuan dan teknologi serta bermoral Pancasila yang sehat jasmani dan rohani. Peran anggota pramuka dan anggota pramuka Saka Bakti Husada perlu ditingkatkan sebagai penggerak masyarakat mampu hidup sehat. Orientasi ini dipandang perlu dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan peran serta Gerakan Pramuka dalam pembangunan kesehatan di Kalimantan Tengah, dan sebagai langkah menyamakan pandangan akan pentingnya penggalangan kemitraan yang peduli di bidang kesehatan dalam rangka mewujudkan Kalteng Berkah. (Bidang Kesmas)

Dinkes Prov.Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook