SMA Negeri 1 Palangka Raya Sukses Laksanakan PAS Gasal Moda Daring

Kontribusi dari Rikah Mustika, 02 Desember 2020 09:48, Dibaca 348 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) gasal Tahun Ajaran 2020/2021 pada hari pertama dengan moda daring di SMA Negeri 1 Palangka Raya terlaksana dengan sukses. Semua ini berkat kerja keras seluruh panitia sekolah yang sudah mempersiapkan kegiatan PAS moda daring secara maksimal sejak beberapa minggu yang lalu dan ketika pelaksanaannya semua panitia sudah menunaikan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dengan baik. Selain itu kesuksesan ini juga berkat kerja sama dengan orang tua/wali siswa yang turut mendukung mempersiapkan segala fasilitas bagi anak-anak mereka ketika mengikuti PAS tersebut. Hal ini disampaikan oleh kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin di ruang kerjanya seusai memantau pelaksanaan PAS di labkom SMA Negeri 1 Palangka Raya, Selasa (1/12/2020)

“Alhamdulillah, pelaksanaan PAS gasal moda daring pada hari pertama terlaksana dengan sukses. Hal ini berkat kerja keras seluruh panitia sekolah dan juga berkat dukungan dari orang tua/wali siswa,” ungkapnya.

(Baca Juga : DiskopUKM Kalteng - Bank BRI Bergerak Bersama Untuk UMKM Kalimantan Tengah)

Arbusin juga menyampaikan bahwa pelaksanaan PAS gasal Tahun Ajaran 2020/2021, dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 11 Desember 2020. Siswa yang mengikuti kegiatan PAS sebanyak 1250 orang siswa. Selanjutnya beliau juga menyampaikan,  untuk mempersiapkan kegiatan PAS gasal moda daring ini, dirinya telah mengeluarkan SK kepanitiaan dan  melakukan rapat koordinasi dengan seluruh panitia untuk menyamakan persepsi tentang tata laksana kegiatan, dan juga menetapkan agenda-agenda persiapan dan pelaksanaannya. Pada dasarnya beliau sangat optimis PAS moda daring terlaksana dengan sukses mengingat sarana dan prasarana serta SDM pendukung di SMA Negeri 1 Palangka Raya sangat memadai.

“Untuk pelaksanaan kegiatan PAS gasal moda daring ini saya sudah mengeluarkan SK kepanitiaan dan juga melakukan rapat koordinasi dengan seluruh panitia. Rapat koordinasi tersebut untuk menyamakan persepsi tentang tata laksana kegiatan sekaligus menetapkan berbagai agenda persiapan dan pelaksanaan PAS,” ujarnya


Di samping itu kepala sekolah yang sering disapa  Pak Haji, juga  berharap agar selama kegiatan PAS seluruh panitia dan para siswa selalu menjaga kesehatan dan tetap menjaga protokol kesehatan. Kesehatan merupakan modal utama dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

Di tempat terpisah  Drs. Edral Gandi, M.M., sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan sekaligus sebagai ketua panitia PAS gasal moda daring memberikan keterangan tentang bagaimana pihak panitia mempersiapkan PAS moda daring ini sehingga dapat terlaksana dengan sukses. Menurut beliau, kunci sukses dalam pelaksanaan PAS, karena semua panitia bekerja secara maksimal dan penuh tanggung jawab sesuai tugasnya masing-masing. Selain itu juga peran serta para wali kelas sangat besar dalam menyampaikan informasi dan arahan ke para peserta didiknya masing-masing. Apabila ada kendala, maka diselesaikan melalui diskusi.

Selain itu tahapan simulasi untuk para peserta didik juga sudah dilakukan untuk melakukan evaluasi sebelum hari pelaksanaannya. Dengan demikian ketika pelaksanaan PAS moda daring ini pihaknya tidak mengalami kendala yang berarti.


“Semua panitia bekerja secara maksimal dan penuh tanggung jawab dalam persiapan dan pelaksanaan PAS moda daring ini. Selain itu peran para wali kelas juga sangat besar dalam menyampaikan informasi ke peserta didiknya masing-masing,” ungkapnya.

Selanjutnya Edral juga menyampaikan, bahwa pihak SMA Negeri 1 sudah pernah melakukan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) dan USBK  moda daring  pada tahun ajaran sebelumnya. Jadi pihaknya sudah memiliki modal pengalaman. Secara teknis pelaksanaan PAS moda daring tahun ini tidak jauh berbeda. Perbedaannya hanya pada server yang digunakan dan semua itu dapat ditangani oleh para teknisi handal yang ada di SMA Negeri 1 Palangka Raya.

Beliau berharap dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19, semua elemen masyarakat harus turut andil dalam mengembangkan pendidikan. Peran masyarakat, khususnya orang tua sangat dibutuhkan. Orang tua harus proaktif memotivasi anak-anaknya agar lebih giat belajar mengingat saat ini kegiatan PBM totalitas dari rumah atau belajar jarak jauh (PJJ). (Humas-Anw)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook