Sosialisasi dan Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Organisasi BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah

Kontribusi dari BPSDM Kalteng, 23 November 2020 07:30, Dibaca 197 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Budaya organisasi adalah salah satu faktor yang perlu dibangun di pemerintahan, mulai dari Pemerintahan Pusat sampai di Pemerintahan Daerah di Indonesia. Penetapan budaya organisasi dipercaya mampu memenuhi harapan suatu jalannya roda pemerintahan yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Dengan hasrat menimba pengalaman sukses dari instansi-instansi Pemerintahan Pusat yang berhasil membangun budaya organisasi yang kuat, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Tengah (BPSDM Prov. Kalteng) menyelenggarakan Sosialisasi dan Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Organisasi di Aula BPSDM Prov. Kalteng, Senin (23/11/2020).


Sosialisasi ini merupakan kunci keberhasilan bagi pembentukan budaya organisasi yang kuat di BPSDM Prov. Kalteng. Sosialisasi ini juga merupakan proses penyampaian nilai-nilai dan norma-norma perilaku yang harus dianut agar seluruh ASN BPSDM Prov. Kalteng dapat menjadi ASN yang efektif dan bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan BPSDM Prov. Kalteng.

(Baca Juga : Warga Madrasah Harus Patuhi Kawasan Tanpa Rokok)


Dalam Laporannya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Widanarni, S.IP., M.Si mengatakan bahwa Sosialisasi dan Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Organisasi yang efektif berhasil membentuk budaya kuat (strong culture) dalam organisasi. Artinya, perilaku semua ASN terutama segenap jajaran Pejabat BPSDM Prov. Kalteng dapat mencerminkan pemahaman dan penghayatan visi, nilai-nilai, praktik kerja, dan hubungan yang dijunjung tinggi oleh organisasi dan dirumuskan sebagai budaya organisasi MANTAP :

M : Melayani

Menjadi insan BPSDM yang teguh menegakkan keadilan, aksesibel dan mudah serta murah dalam pelayanan publik

A : Amanah

Menjadi insan BPSDM yang jujur dan dapat terpercaya, serta berkomitmen tinggi

N : Nasionalis

Menjadi insan BPSDM yang nasionalis dengan berlandaskan Pancasila dan menghargai jasa para pahlawan bangsa

T : Terbuka

Menjadi insan BPSDM yang selalu berpikir positif, bertindak informatif, dan berwawasan luas

A : Antusias

Menjadi insan BPSDM yang responsif, bersemangat, dan menunjukkan minat yang tinggi

P : Profesional

Menjadi insan BPSDM yang berdedikasi tinggi, kompeten, dan menjunjung tinggi kode etik profesi

Budaya kuat dianggap dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja ASN, efektivitas organisasi,  dan keunggulan bersaing. Turut hadir Asisten III (Asisten Administrasi Umum) Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. Lies Fahimah, M.Si. Beliau sangat mengapresiasi Nilai-Nilai Budaya Organisasi di BPSDM Prov. Kalteng. Beliau berharap Nilai-Nilai Budaya Organisasi di BPSDM Prov. Kalteng dapat berkembang di perangkat-perangkat daerah lain yang ada di Lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. (Rendy BPSDM / Dewit BPSDM).

BPSDM Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook