Plt. Gubernur Kalteng Tekankan Kepada Seluruh Pelaksana Penyaluran Bantuan Sosial Untuk Tidak Main–Main Dalam Penyalurannya

Kontribusi dari Widia Natalia, 13 November 2020 15:08, Dibaca 84 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Plt. Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya hadiri acara Penyaluran Bantuan Sosial Tahap II Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 sekaligus Penyerahan Bantuan Masker dan Bantuan Spesifik Untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Bifahmidin di Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten (Kab) Kapuas, Jumat (13/11/2020). Bantuan yang diberikan merupakan wujud konkret perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng dalam upaya mengendalikan penyebaran Covid-19.

Dalam arahannya, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan Pemprov Kalteng menyalurkan bantuan dan memprioritaskan bantuan sosial, baik yang didapat dari Pemerintah Pusat maupun dari Pemerintah Daerah untuk dibagikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan bahwa telah menginstruksikan kepada seluruh instansi terkait, bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di berbagai pelosok Kalimantan Tengah, untuk secara seksama menelusuri keluarga–keluarga tidak mampu yang belum mendapatkan bantuan, untuk didata agar segera mendapatkan bantuan.

(Baca Juga : Fasilitasi Penguatan Pengarustamaan Gender (PUG) di Provinsi Kalimantan Tengah)

“Saya juga menyadari bahwa pasti ada warga tidak mampu yang mungkin belum mendapatkan Bantuan Sosial, baik dari APBN maupun APBD”, ucap Habib Ismail Bin Yahya.

Habib Ismail Bin Yahya juga menekankan kepada seluruh pelaksana penyaluran Bantuan Sosial ini, untuk tidak main–main dalam penyalurannya.

“Jangan sampai terjadi penyalahgunaan dan keterlambatan penyaluran yang tidak perlu”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Plt. Gubernur menyampaikan bahwa sejak awal telah meminta agar proses pemberian Bantuan Sosial ini dilaksanakan sesuai Peraturan yang berlaku dan dengan dukungan pendampingan dari Aparat Penegak Hukum dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), sehingga dapat menjaga proses terpenting dari penyaluran ini, yaitu penyerahan Bantuan ini tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Habib Ismail Bin Yahya meminta kepada seluruh masyarakat Kalteng, agar turut mendukung segala upaya untuk mengatasi Pandemi Covid-19 di Prov. Kalteng, termasuk di Kab. Kapuas.

“Apabila upaya penanganan dampak ekonomi dan sosial berupa Bantuan Sosial yang kita lakukan ini bisa berjalan dengan baik dan berimbas positif bagi masyarakat, saya yakin Kalimantan Tengah akan segera terbebas dari Pandemi Covid-19. Untuk itu, mari kita jangan lengah, tetap semangat dan optimis sampai kita berhasil mengalahkan Covid-19ini”, tutup Plt. Gubernur.

Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kab. Kapuas yang mendapatkan bantuan sosial melalui APBD adalah sebanyak 3.556 KK. Sementara, bantuan masker yang diserahkan di Kab. Kapuas berjumlah 6.000 pcs serta bantuan spesifik berupa penyediaan fasilitas cuci tangan yang memadai baik di gang-gang , jalan kecil, juga pertokoan modern dan pasar-pasar.

Turut hadir mendampingi Plt. Gubernur diantaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B. Aden,  Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng  Suyuti Syamsul, Plt. Kepala Dinas Sosial Prov. Kalteng Rian Tangkudung, Plt.  Kepala Dinas Pemberayaan Masyarakat dan Desa Prov. Kalteng Rojikinoor, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy dan Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Prov. Kalteng Sutoyo. Hadir dari Pemerintah Kab. Kapuas yakni Plt. Sekretaris Daerah Kab. Kapuas Septedy, Forkopimda Kab. Kapuas dan Camat Selat Noor Rahman.(WDY/Foto:Arya)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook