Disdagperin Kalteng Gelar Rakor Sistem Informasi Perdagangan Antar Pulau

Kontribusi dari Widia Natalia, 03 November 2020 10:05, Dibaca 231 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Dinas Perdagangan Dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Sistem Informasi Perdagangan Antar Pulau (SIPAP), bertempat di Hotel Luwansa, Selasa (03/11/2020). Rakor kali ini menghadirkan Narasumber dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI), Kepala Seksi Perdagangan Antarpulau Erfin Chamidah.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Hj. Aster Bonawaty. Dalam  sambutannya dan arahanya, Aster Bonawaty menyampaikan bahwa beberapa waktu yang lalu Kementerian Perdagangan RI melalui Direktorat Jenderal Sarana Distribusi dan Logistik telah mengembangkan satu aplikasi yang dinamakan aplikasi SIPAP, dimana saat ini sudah sampai pada tahap pengisian data yang dilakukan setiap bulan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng.

(Baca Juga : \"Pancasila Harus Tertanam Dalam Hati yang Suci dan Diamalkan Dalam Kehidupan Sehari-hari\")

Data yang diinput ke dalam sistem adalah data produksi dan konsumsi barang kebutuhan pokok dan barang penting di wilayah Prov. Kalteng. Pengisian data bekerjasama dengan dinas terkait di Prov. Kalteng diantaranya Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Prov. Kalteng, Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Kalteng, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Kalteng dan Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng (Data Konsumsi).

“Namun saat ini kita terbatas hanya dapat menyajikan sebagian data dari barang kebutuhan pokok saja, sedangkan untuk barang penting masih belum ada data yang akurat misalnya jumlah produksi dan konsumsi untuk komoditi baja, triplek, pupuk dan semen, karena memang komoditi ini tidak diproduksi di Kalteng” tutur Aster Bonawaty.

Aster Bonawaty berharap melalui kegiatan Rakor kali ini dapat menyamakan persepsi dan meningkatkan kerjasama lebih baik lagi antar instansi ataupun dengan para pelaku usaha untuk secara bersama-sama melakukan monitoring terhadap barang kebutuhan pokok dan barang penting ini, sehingga dapat mengetahui apakah terjadi kekurangan atau kelebihan pasokan produksi dan konsumsi di wilayah Kalteng. Pada kesempatan ini,  Aster Bonawaty juga berharap kepada Kepala Dinas / Instansi terkait baik Lingkup Provinsi maupun Kabupaten / Kota agar dapat selalu berkoordinasi, tetap menjaga kekompakan dan bersinergi serta peduli dalam penyajian data ini sehingga kita mampu memberikan data yang valid pada aplikasi SIPAP ini.


Turut hadir Kepala Perangkat Daerah Kabupaten/Kota yang membidangi perdagangan Se-Kalteng serta para pelaku usaha.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook