Pastikan Program Food Estate Berhasil, Gubernur Kalteng Tinjau Infrastruktur Pertanian di Dadahup, Kapuas

Kontribusi dari Widia Natalia, 07 Maret 2021 18:51, Dibaca 228 kali.


MMCKalteng – Kapuas – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas terdapat 21.000 Hektare (Ha) lahan sudah siap digarap untuk dijadikan kawasan pengembangan Food Estate.

“Di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup ini ada sekitar 21.000 Ha lahan yang sudah siap untuk digarap dan dijadikan Daerah Food Estate ataupun pertanian secara luas termasuk hortikultura, peternakan dan perikanan”, tutur H. Sugianto Sabran saat melakukan peninjauan lokasi pengembangan Food Estate yang terletak di Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Minggu (07/03/2021).

(Baca Juga : Gubernur Ucapkan Selamat Atas Pelantikan DPW IMO Kalimantan Tengah)

Diketahui, lokasi peninjauan merupakan lokasi existing yang diberdayakan kembali. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng melakukan peninjauan normalisasi saluran primer, sekunder dan tersier yang sudah dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.


Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut berharap di Tahun 2021 ini, simpangan lokasi pengembangan Food Estate di Desa Bentuk Jaya ini sudah bisa selesai pemasangan tanggulnya sehingga kedepannya saat curah hujan tinggi masalah banjir dapat teratasi.

H. Sugianto Sabran mengutarakan bahwa telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat terkait peternakan, perikanan dan pertanian. Gubernur menginginkan, Food Estate Kalteng tidak hanya di Bidang Pertanian tetapi juga termasuk peternakan dan perikanan.

“Kita mengusulkan kepada Pemerintah Pusat terkait peternakan, dan kepada Kementerian KKP kita mengusulkan Udang Paname. Prospeknya bagus dibeberapa Kabupaten yang ada di Kalteng. Semua mendukung Food estate mulai dari pertanian, peternakan, perikanan juga”, tambah Gubernur.

Gubernur juga meminta masyarakat Kalteng menyambut Kebijakan Pemerintah Pusat dengan optimis.

“Jadi yang berbeda itu hal biasa. Kita harus menyatu bahu membahu”, pungkasnya.

Nampak hadir mendampingi Gubernur diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Prov. Kalteng H. Shalahudin, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Prov. Kalteng Hj. Sunarti, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Prov. Kalteng Yuren S. Bahat, Kepala Biro Umum Setda Prov. Kalteng Lisda Arriyana dan Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah (TPPKB) Adv. Rahmadi G. Lentam. (WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook