Kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan Tahun 2020

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 27 Oktober 2020 18:58, Dibaca 89 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan Anggota Relawan Pemadam Kebakaran yang ada di Kota Palangka Raya, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan Tahun 2020, yang bersumber dari DPA-SKPD Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020. Tujuan dilaksanakannya Kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan  adalah guna meningkatnya peran serta masyarakat dalam satuan pemadam kebakaran hutan, lahan dan perkebunan serta mewujudkan kesiapsiagaan dan pemberdayaan masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran, sedangkan yang ingin dicapai adalah terlatihnya Anggota Personel Pemadam, terorganisasinya sumber daya peralatan dan terciptanya koordinasi dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi dengan personel pemadam kebakaran dalam upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan, lahan dan perkebunan.


Hasil dari Kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan adalah mewujudkan peningkatan kemampuan, keterampilan, kekompakan, kedisiplinan dan kesiapsiagaan serta pemahaman SOP pelaksanaan kegiatan pemadaman di lapangan, meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia anggota personel dan meningkatkan respon anggota personel dalam penanganan bencana dengan mengedepankan prinsip-prinsip pengurangan resiko bencana kebakaran hutan, lahan dan perkebunan. Peserta kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan, berasal dari masyarakat relawan yang berdomisili di Palangka Raya yang mempunyai kepedulian tinggi dengan lingkungannya, yaitu terdiri dari Tim Pusdalops Penanggulangan Bencana Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 10 orang, Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK)  Bukit Tunggal sebanyak 10 orang, Tim Masyarakat Peduli Api (MPA) Kelurahan Sabaru sebanyak 10 orang, Tim Balakar 620 sebanyak 10 orang, dan dari Tim Balakar 654 sebanyak 10 orang, dilaksanakan pada tanggal 26-27 Oktober 2020 bertempat di Pusdalops-PB Provinsi Kalimantan Tengah dan praktek di Lapangan Brimob Polda Kalteng Jalan Mahir Mahar Km. 10 Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, dengan tetap mengutamakan protokol covid-19.

(Baca Juga : Perwakilan Siswa SMA Negeri 1 Palangka Raya Ikuti Focus Group Discussion (FGD))

Kegiatan Pelatihan  Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan Tahun 2020 dibuka secara resmi oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah. 


“Dengan terselenggaranya Kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan Tahun 2020, diharapkan seluruh peserta dapat memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, kedisiplinan dan kesiapsiagaan, memahami SOP pelaksanaan pemadaman di lapangan serta menjaga kekompakan dan silaturahmi sebagai anggota personel pemadam kebakaran hutan, lahan dan perkebunan,” ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi, Selasa (27/10/2020).

“Dengan melihat cukup tingginya atensi berbagai pihak untuk dapat mengikuti kegiatan ini,  harapan kami untuk ke depannya nanti kegiatan Pelatihan Pemadam Kebakaran Hutan, Lahan dan Perkebunan dapat lebih meningkat baik dari materi, narasumber, ruang lingkup kegiatan serta jumlah peserta yang dapat mengikutinya,” tuturnya. (Pky.27/10/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook