Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Ikuti Rapat Tindak Lanjut Kunker Food Estate

Kontribusi dari Widia Natalia, 23 Oktober 2020 16:16, Dibaca 97 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nurul Edy mewakili Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya mengikuti Rapat Tindak Lanjut Kunjungan Kerja (Kunker) Food Estate dengan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI) Budi Karya Sumadi. Rapat diikuti secara virtual melalui video conference dari Aula Eka Hapakat Lt. III kantor Gubernur Kalteng, Jumat (23/10/2020).

Rapat diawali dengan paparan dari Direktur Kepelabuhanan Subagiyo yang menyampaikan dukungan terhadap rencana pengembangan pelabuhan Bahaur mulai dari aksi lanjut sampai rencana aksi. Subagiyo juga menjelaskan terkait Konsep rencana pengembangan jangka panjang pelabuhan Bahaur.

(Baca Juga : Plt. Gubernur Kalteng Lakukan Peletakan Batu Pertama di Masjid Noor Hidayah, Kab. Barsel )

Prakiraan Kebutuhan anggaran jangka pendek pengembangan pelabuhan Bahaur membutuhkan anggaran Rp. 36 M. Setelah dilakukan penyesuaian kebutuhan berdasarkan hasil kunjungan lapangan antara lain kondisi dermaga dalam bentuk baik, dan diperlukan pelebaran Dermaga.

Selain itu, Kondisi terminal penumpang dan kendaraan telah tersedia dan dalam kondisi baik. Kebutuhan jalan lingkungan dan area pendukung pergudangan dengan mempertimbangkan areal penunjang pelabuhan.

Kemudian, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan terkait alur hasil produksi dari lokasi Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau (RMU Belanti Siam). RMU Belanti Siam meliputi Jalur Sungai yakni Pelabuhan penyeberangan Bahaur dan Jalur Darat yakni Palangka Raya.

Budi Setiyadi juga menjelaskan mengenai titik dermaga di lokasi food estate Kabupaten Kapuas. Titik Dermaga meliputi Dermaga Mentangai, Dermaga Sungai Kapar (Lamunti), Dermaga Murung Kramat-Selat, Dermaga Lupak Dalam dan Dermaga Terusan Karya.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng H. Nurul Edy mewakili Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih atas semua rencana dukungan.

“Terlebih dalam mengimplementasikan semuanya ini, saya mungkin menyarankan agar melakukan pembebasan lahan di masyarakat dengan baik dan bijaksana jika ada lahan yang terkena imbas untuk keperluan berbagai sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran food estate ini dapat kita implementasi kan secepatnya”, imbuh H. Nurul Edy.

Terakhir, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyatakan semua laporan dari masing-masing pihak sudah diterima, dan akan segera dilaporkan ke Presiden RI Joko Widodo.

“Semua laporan ini sudah kita terima, tinggal semuanya ini dapat diimplementasi sesegera mungkin. Setelah itu dapat saya laporkan langsung ke Pak Presiden. Terimakasih atas kerjasama dari berbagai pihak. Semoga fasilitas, sarana dan prasarana untuk mendukung kelancaran food estate ini dapat kita implementasikan secepatnya”, tutup Budi Karya Sumadi.

Turut hadir mendampingi Plt. Gubernur diantaranya sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait dan Kepala Wilayah XVI Prov. Kalteng. Hadir secara virtual Direktur Jenderal Perhubungan Darat  Budi Setiyadi, Direktur Kepelabuhanan Subagiyo dan Bagian Perencanaan Perhubungan Darat Tatan Rustandi.(WDY/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook