Asisten Administrasi Umum Setda Kalteng Membuka Acara Diseminasi Hukum Pers

Kontribusi dari Widia Natalia, 24 September 2020 10:59, Dibaca 183 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Lies Fahimah mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi acara Diseminasi Hukum Pers yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Prov. Kalteng, bertempat di Hotel Luwansa Palangka Raya, Kamis (24/09/2020). Diseminasi Hukum Pers mengusung Tema Tingkatkan Pemahaman Terhadap Peraturan Perundang-Undangan Untuk Menjadi Wartawan yang Professional, sehingga mampu Meminimalisir Persoalan Hukum dalam Melaksanakan Aktivitas Jurnalistik.



Hadir secara khusus sebagai keynote speech Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran. kegiatan ini juga menghadirkan Narasumber dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalteng dan Kepolisian Daerah (Polda) Kalteng diantaranya Asintel Kejati Kalteng Abdillah dan Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Hendra Rochmawan.

(Baca Juga : Kapuas Raih Juara Umum, Berikut Daftar Lengkap Pemenang Lomba di Jambore Kader PKK Tahun 2019)


Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah menyampaikan menyambut baik terlaksananya acara Diseminasi Hukum Pers.


"Saya memberikan apresiasi atas kegiatan Diseminasi yang digagas PWI Kalteng sehingga pekerja pers semakin dibekali ilmu pengetahuan di bidang Hukum Pers dalam rangka menunjang profesinya sehingga terhindar dari potensi pelanggaran hukum", tutur Lies Fahimah.


Lies Fahimah menyampaikan Pemprov sangat menyadari fungsi pers dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. Pemprov. Kalteng memberikan keleluasaan kepada pers dalam berkarya, bahkan pers diberikan ruang untuk bermitra dengan Pemprov. Kalteng.


“Pemerintah tidak pernah mengintervensi kebebasan pers dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pilar ke empat demokrasi”, imbuhnya.


Lebih lanjut Lies Fahimah menyampaikan bahwa Pers memiliki peran strategis dalam menyukseskan pembangunan. Pers memiliki peran penting membantu pemerintah pusat dan daerah dalam menyampaikan program dan hasil pembangunan kepada masyarakat, tanpa harus mengesampingkan kritik pers yang bersifat membangun bagi semua pihak.


Selain itu, pers juga berperan penting dalam menekan potensi penyimpangan informasi di masyarakat yang sengaja disebarkan oknum yang tidak bertanggung jawab seperti beredarnya informasi palsu atau hoaks. Penyimpangan informasi atau hoaks harus disikap sebagai musuh bersama.


Lies Fahimah berharap pers hendaknya menjadi garda terdepan dalam memerangi hoaks. Kabar bohong bisa menyebabkan situasi daerah menjadi kacau karena hoaks memang sengaja dihembuskan dalam upaya memecah-belah masyarakat untuk tujuan tertentu.


Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng meminta organisasi PWI dan organisasi profesi wartawan yang lainnya agar lebih memaksimalkan perannya membina wartawan serta bersatu padu dengan pemerintah dalam memerangi hoax khususnya menjelang Pilkada serentak Tahun 2020 di Prov. Kalteng.


“Pemerintah Daerah tentu sangat mendukung setiap pemberitaan yang positif sepanjang tujuannya memberikan informasi berdasarkan fakta sebenarnya” tutup Lies Fahimah


Turut hadir Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kalteng Berkah Adv. Rahmadi G. Lentam, Ketua PWI Prov. Kalteng Haris Sadikin, Ketua PWI Kabupaten/Kota, Kepala Seksi Kehumasan DiskominfoSantik Prov. Kalteng Arbandigana beserta Pimpinan Redaksi Media Cetak, Daring (Online) dan Elektronik.(WDY/Foto:Rinto)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook