RSJ Kalawa Atei Laksanakan Kegiatan Home Visit Untuk Kunjungi Pasien ODGJ di Kabupaten Barito Selatan

Kontribusi dari RSJ Kalawa Atei Kalteng, 17 September 2020 13:45, Dibaca 231 kali.


MMCKalteng - Bukit Rawi - Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan home visit ke Kabupaten Barito Selatan pada tanggal 16-17 September 2020. RSJ Kalawa Atei menugaskan tim yang berjumlah 4 orang, yakni spesialis kedokteran jiwa, dokter umum, perawat dan didampingi Kasi Rawat Jalan, Intensif & Darurat.


Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Selatan, pelayanan kepada pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dilakukan oleh tenaga kesehatan RSJ Kalawa Atei didampingi oleh petugas kesehatan setempat yang dilaksanakan di Puskesmas Buntok. Pelayanan dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 dengan melaksanakan screening, pengukuran suhu, pengaturan jarak, dan penggunaan masker.

(Baca Juga : Pemerintah Lakukan Pendekatan Dengan Masyarakat )

Pada kegiatan home visit di Kabupaten Barito Selatan ini pasien yang dilayani berjumlah 58 pasien. Lebih lanjut dalam pelaksanaan home visit tenaga kesehatan juga melakukan edukasi dan membagi leaflet kepada pasien dan keluarga. Pada hari kedua petugas kesehatan dari RSJ Kalawa Atei melakukan kunjungan ke rumah pasien dan dapat membebaskan seorang pasien ODGJ yang telah dipasung selama lebih dari 30 tahun.


Diharapkan kegiatan pelayanan “jemput bola” yang mengunjungi langsung pasien ke tempat melalui kegiatan home visit ini dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat Kabupaten Barito Selatan untuk tetap dapat mengakses layanan kesehatan jiwa yang berkualitas walaupun letaknya yang jauh dari RSJ Kalawa Atei. (WN/Foto:Suprianto)

RSJ Kalawa Atei Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook