Dua Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng Ikuti Tahapan Pemeriksaan Kesehatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya

Kontribusi dari Widia Natalia, 08 September 2020 09:50, Dibaca 672 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Dua Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran - H. Edy Pratowo dan Ben Brahim S. Bahat - H. Ujang Iskandar mengikuti Pemeriksaan Kesehatan di Aula Bajenta Lt. III Gedung Diklit RSUD. dr. Doris Sylvanus Palangka Raya, Selasa (08/09/2020). Pemeriksaaan Kesehatan yang dilaksanakan oleh tim uji kesehatan terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalteng , Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kalteng dan  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalteng  ini dilaksanakan  selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 8 sampai dengan 9 September 2020.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Prov. Kalteng H. Harmain Ibrohim pada acara pembukaan pemeriksaan kesehatan mengatakan,  bahwa sesuai dengan ketentuan dan Perundangan yang berlaku,  salah satu syarat bakal calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah adalah cakap dan sehat secara jasmani dan bebas dari narkotika.

(Baca Juga : Pemprov Kalteng Terus Maksimalkan Upaya Realisasi PAD)

“Untuk itu  pemeriksaan kesehatan  adalah syarat mutlak yang wajib diikuti oleh para bakal Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah”, pungkasnya.

Post test kesehatan ini mengacu pada Keputusan KPU Republik Indonesia (RI) Nomor 412 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Standar Kemampuan Jasmani Dan Rohani Serta Standar Pemeriksaan Kesehatan Jasmani, Rohani, Dan Bebas Penyalahgunaan Narkotika Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota Dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Tahapan tes kesehatan yang diikuti oleh Dua Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng diantaranya Tes Psikologi, Pemeriksaan Bebas Narkoba, Pemeriksaan Gula Darah, Rontgen Thorax, Ultrasonografi (USG) Abdomen, pemeriksaan Mata dan Gigi & Mulut, serta Urinalisa, Tes MMPI serta Pemeriksaan Penyakit Dalam meliputi THT, Jantung, Paru, Bedah, Bedah Urologi, Bedah Orthopedi, Neurologi dan Wawancara Psikiatri.


Sesaat sebelum acara pembukaan yang dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan pemeriksaan, nampak dua Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Kalteng bersenda Gurau dan berbincang akrab di ruang tunggu utama. Kesejukan yang ditunjukan para bakal calon adalah gambaran jati diri Kalteng yang hakiki, menjunjung tinggi perbedaan untuk sebuah kebersamaan Falsafah Huma Betang, dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tampak hadir pada acara pembukaan, Ketua KPU Prov. Kalteng H. Harmain Ibrohim, Ketua Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Prov. Kalteng Satriadi, Ketua IDI Kalteng Mikko Uriamapas Ludjen, Ketua HIMPSI Kalteng Dina Fariza Tryani Syarif, Direktur RS Doris Sylvanus Yayu Indriaty, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Bencana Prov. Kalteng Rian Tangkudung, Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi, Plt. Direktur Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei Theodorus Sapta Atmadja dan mewakili Kepala BNP Kalteng.(AS/Foto:Aldo)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook