Kebakaran Lahan di Jalan Nagasari XX, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 03 September 2020 17:16, Dibaca 556 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Memasuki puncak kemarau berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi pada bulan September 2020, masyarakat terus dihimbau dan diingatkan untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 H. Darliansjah, melalui Bidang Operasi, Alpius Patanan mengatakan, “Dari laporan heli patroli yang melaksanakan patroli dalam rangka siaga terjadinya Karhutla sorti kedua rute Pky-Katingan-Katingan Kuala-Seruyan Hilir-Kotim-Pky, bahwa terpantau firespot di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya,” ucapnya kepada Tim Publikasi dan Informasi,  Rabu (2/9/2020).

“Untuk memastikan bahwa itu firespot atau bukan kami sampaikan ke Posko Induk Satgas PDB Provinsi untuk melakukan pengecekan lebih lanjut firespot tersebut. Dari hasil pengecekan lokasi bahwa memang terjadi kebakaran lahan yang diperkirakan luas lahan ±1ha. Lahan yang terbakar tersebut adalah tipe tanah gambut dan vegetasinya berupa semak belukar, ilalang kering dan akasia,” jelasnya. 

(Baca Juga : Tim Satgas Prov Kalteng Lakukan Pencegahan Covid-19)


“Untuk melakukan penyekatan kepala api agar tidak menjalar ke kiri kanan muka belakang lahan lebih lanjut, maka dari Satgas Udara melakukan dukungan untuk di water boombing,” sambungnya.

Sementara itu, dari Satgas Pemadaman Darat Triwinbert Y.Embang juga menambahkan, “Tim Posko Induk yang sudah diturunkan untuk melakukan pengecekan, menyampaikan melalui Handy Talkie (HT) bahwa di lokasi Jalan Nagasari XX, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, memang ada terjadi kebakaran lahan yang diperkirakan ±1ha, dan disampaikan juga kepada tim yang bertugas untuk segera melakukan pemadaman," ucapnya.


Ketua TSAK Bukit Tunggal I Wayan Bimo Seno yang juga sekaligus sebagai Anggota Tim Pemadaman Darat Satgas PDB Provinsi mengatakan, “Tim Posko Induk yang diturunkan ke lokasi ada dari TSAK Bukit Tunggal, BPBPK (TRC Pusdalops),  BPBD Kota, Dishut Provinsi, M.Agni, TNI dan Polri. Di saat melakukan pemadaman, saya ada menemukan 1 buah barang bukti berupa sulut api atau obor, dari aroma sulut api tersebut berbau bensin,” imbuhnya.

“Di sekitar lahan tersebut ditemukan juga satu buah excavator dalam keadaan mati dan telah ditinggal pergi oleh operatornya dan kami juga tidak menemukan si pemilik lahan,” jelasnya lagi (Pky.3/9/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook