Gerak Tanam Padi Perdana di Kawasan Food Estate Kabupaten Pulang Pisau Bersama Menteri Pertanian

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 31 Agustus 2020 22:46, Dibaca 546 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Tindak lanjut kunjungan kerja Presiden Joko Widodo beserta rombongan Kementerian ke Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 09 Juli 2020 dalam rangka meninjau lokasi kawasan Food Estate sebagai Lokasi  Penyangga Lumbung Pangan Nasional di kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau diwujudkan hari ini melalui Gerak Tanam Padi Perdana di salah satu Kawasan Food Estate di Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau. Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo meninjau lokasi sekaligus turut menghadiri Gerak Tanam Padi didampingi Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri. Dalam kunjungan yang keempat kalinya berturut-turut sejak pencanangan Program Kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah bulan Mei 2020, Syahrul Yasin Limpo berharap implementasi luasan lahan 30 ribu hektar di kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau dapat terealisasi sesuai target yang diharapkan.

Kunjungan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, ke lokasi kawasan Food Estate disambut Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri dan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah, Hj.Sunarti di Balai Desa Tahai Baru,Kec. Maliku, Kab.Pulang Pisau. Menteri Pertanian beserta rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 15.00 WIB menggunakan transportasi darat setelah melakukan Kunker dari Kalimantan Selatan dan langsung menuju lokasi Gerak Tanam Padi yang telah dipersiapkan Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau di Desa Tahai Baru. Eselon I Kementerian Pertanian yang turut mendampingi Menteri Pertanian dalam Kunker ini diantaranya Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Sarwo Edhy, Direktur Jenderal Perkebunan Kasdi Subagyono dan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah.

(Baca Juga : Satgas Prov. Kalteng Terus Lakukan Upaya Pencegahan Covid-19)


"Program Food Estate bukan proyek, namun  program keberpihakan melihat Indonesia besok mampu menciptakan ketahanan pangan nasional. Ini adalah program pertanian masa depan. Di tengah krisis pandemi sekalipun, sektor pertanian tetap bertahan, karena pangan adalah kebutuhan dasar manusia. Dengan kata lain, pertanian merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi secara mutlak. Kegiatan pertanian di daerah lain sudah menjadi hal yang biasa, namun menjadi super prioritas di Kalimantan Tengah. Kenapa demikian, karena wilayah ini sangat strategis dan memiliki potensi pertanian yang luar biasa. Mari wujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern. Dan Insya Allah Akhir September Bapak Presiden RI akan hadir dalam rangka olah tanam di kawasan Food Estate,“ urai Syahrul Yasin Limpo dalam kata sambutannya setelah melakukan penanaman bibit jeruk dan meninjau Gerak Tanam Padi Perdana dengan alsintan Rice Transplanter dan Drone di Desa Tahai Baru,Kabupaten Pulang Pisau, Senin (31/8/2020).


Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Tengah yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri dijelaskan bahwa Gerakan Tanam Padi Perdana  pada Kawasan Food Estate di lokasi Kelompok Tani “Tani Makmur”, Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku seluas 706 Ha yaitu Padi Inbrida Varietas INPARI 32, dan ini merupakan titik nol atau wujud awal implementasi atas perintah Bapak Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo dari total luasan 30.000 Ha, dengan alokasi 20.000 Ha di Kabupaten Kapuas dan 10.000 Ha di Kabupaten Pulang Pisau. Selanjutnya akan diikuti dengan tanam secara kontinu pada lokasi di 16 Kecamatan, 124 Desa dan 791 Kelompok Tani yang telah ditetapkan sebagai calon petani dan calon lokasi.( by. Bid.TP )

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook