Tindak Lanjut Kick Off Sensus Penduduk 2020 Dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng

Kontribusi dari Widia Natalia, 31 Agustus 2020 13:30, Dibaca 381 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya hadiri acara tindak lanjut Kick Off Sensus Penduduk 2020 (SP2020) dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng. Turut hadir Kepala BPS Prov. Kalteng Yomin Tofri, mewakili unsur Forkopimda, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. Acara digelar di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, dan diikuti secara virtual oleh Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng, serta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) se-Kalteng, Senin (31/8/2020).


SP2020 merupakan sensus penduduk yang ke-7. Sensus penduduk online telah dilaksanakan pada 15 Februari hingga 29 Mei 2020. Pelaksanaan SP2020 online di Prov. Kalteng telah berhasil mengumpulkan informasi dari 266.891 jiwa penduduk atau sebesar 9,94 persen dari total penduduk Kalteng. Jumlah penduduk ini berasal dari 70.309 keluarga atau 8,69 persen dari total keluarga di Kalteng.

(Baca Juga : DP3APPKB Gelar Pelatihan Bagi Forum Anak Daerah Sebagai Pelapor dan Pelopor)

“Capaian tersebut tentunya merupakan hasil kerja bersama, kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi penghargaan atas dukungan seluruh lapisan masyarakat Kalteng, serta koordinasi dan konsolidasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, kata Kepala BPS Prov. Kalteng Yomin Tofri saat membacakan sambutannya.

Sebagai adaptasi dampak dari pandemi Covid-19 dan refocusing anggaran pemerintah, dilakukan berbagai perubahan pada tata kelola SP2020. Salah satunya adalah pengunduran jadwal kegiatan lapangan dari Juli 2020 menjadi September 2020.

“SP2020 September dilakukan untuk kembali menyisir dan mencatat seluruh penduduk yang belum berpartisipasi pada SP2020 online di seluruh Indonesia, khususnya Provinsi Kalteng. Sehingga nantinya, hasil yang diharapkan dari SP2020 adalah tersedianya data jumlah, komposisi, dan distribusi penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia,” ucap Yomin Tofri.

Selain penyesuaian jadwal pendataan, BPS melakukan penyesuaian dalam proses pembelajaran petugas sensus. Salah satu upaya yang dilakukan BPS adalah dengan penyiaran pembelajaran petugas melalui TVRI secara nasional dari tanggal 26-30 Agustus 2020 pukul 16.00-17.00 WIB dan siaran RRI pada tanggal 31 Agustus-5 September 2020 pukul 16.00-17.00 WIB.

Wagub Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan, BPS telah melakukan inovasi dengan menggunakan basis data kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri sebagai basis data dasar. Selain itu menggunakan beberapa moda pendataan, salah satunya melalui SP online.

“Sensus Penduduk Online telah berhasil kita lakukan pada 15 Februari-29 Mei 2020, dan menunjukkan hasil yang membanggakan. Hasil SP online merupakan hasil kerja keras dari koordinasi dan konsolidasi dari berbagai pihak untuk turut menyajikan data kependudukan,” kata Wagub Kalteng.

“Akan tetapi, capaian yang sudah diraih menunjukkan antusiasme dari penduduk untuk berpartisipasi dalam momen pertama pelaksanaan sensus secara online. Selanjutnya bagi penduduk yang belum melaksanakan SP online, ini saat untuk berpartisipasi dalam SP2020 September,” pungkasnya.(Ari/Foto:Dede)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook