Satgas PDB Karhutla Tingkatkan Patroli, Sosialisasi dan Edukasi

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 26 Agustus 2020 07:45, Dibaca 243 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Satgas PDB Karhutla Provinsi Kalimantan Tengah meningkatkan Patroli, Sosialisasi dan Edukasi dalam upaya pencegahan dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Dalam kegiatan patroli Sosialisasi dan Edukasi tersebut ada tiga regu yang masing-masing melaksanakan patroli sesuai lokasi. Patroli Tim Mobil Pickup TSAK Bukit Tunggal 1, lokasi Jalan Kahayan Seberang-Desa Pamarunan-Desa Bahu Palawa Kecamatan Kahayan Tengah Kabupaten Pulang Pisau, Tim Mobil Komando, dengan rute Pusdalops-Tjilik Riwut-Hiu Putih-Mahir Mahar Lingkar Luar-Trans Kalimantan Kalampangan-Kameloh-Tanjung Taruna-Tumbang Nusa-Desa Pilang-kembali ke Pusdalops dan sedangkan Sepeda Motor (kendaraan roda dua), dengan rute Pusdalops-Jalan Petuk Katimpun-Jalan Tjilik Riwut Km 10, Jalan Merdeka-Jalan lintas Mahir Mahar Gang Damai-G.Obos lanjutan-Jalan RTA. Milono-Jalan Ir. Soekarno kembali ke Pusdalops.


Wakil  Komandan Pos  Komando Satuan  Tugas Penanganan  Darurat Bencana (Satgas  PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, H.Darliansjah menjelaskan, “Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini kita fokuskan di Patroli baik patroli darat maupun patroli udara, sosialisasi dan edukasi. Pentingnya pelibatan semua unsur dalam pentaheliks, yakni pemerintah, akademisi, dunia usaha, masyarakat dan media massa untuk dapat mencegah terjadinya kebakaran sejak dini. Peran dari tokoh masyarakat dan tokoh adat menjadi sangat penting," jelasnya.

(Baca Juga : Pegawai Pemerintah Wajib Terapkan Protokol Kesehatan)


Dari Bidang Operasi Noor Aswad menyampaikan, ”Satgas PDB Karhutla Provinsi meningkatkan patroli pada jam-jam rawan terjadinya pembakaran lahan, tim yang melaksanakan patroli didampingi dari Anggota TNI/Polri, Satpol PP, Dishut, dan MPA, mereka kita sertakan Surat Tugas, Kartu Pengenal dan Maklumat dari Kapolda. Tidak lupa juga kepada Tim yang bertugas kita selalu mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol Covid-19 dan juga pesan-pesan keselamatan yang lainnya juga. Sementara untuk regu pemadam darat yang disiagakan, ada dua regu. Yang pertama regu pemadaman yang standby dari Pukul 08.00 Wib sampai Pukul 14.00 Wib, selanjutnya regu pemadaman Regu Malam standby dari Pukul 14.00 Wib sampai Pukul 08.00 Wib,” jelasnya.

Hasil pantauan yang disampaikan pada Rabu (26/8/2020) oleh tim yang melaksanakan dukungan Patroli ke wilayah Kabupaten Pulang Pisau, “Timbulnya hotspot disebabkan oleh kegiatan pembakaran lahan milik warga masyarakat, dikarenakan kebanyakan warga masyarakat mengacu pada Pergub tentang membuka lahan dengan cara membakar, dan sesuai kearifan lokal di daerah mereka sehingga hal tersebut dimanfaatkan oleh warga masyarakat tanpa mempertimbangkan sebab dan akibat yang akan timbul oleh kegiatan pembukaan lahan dengan cara membakar, minimnya informasi terbaru, juga menambah ketidaktahuan mereka akan larangan membuka lahan dengan cara dibakar," jelas Triwinbert Y.Embang, Koordinator Pemadaman Darat Satgas PDB Provinsi. (Pky.26/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook