Maksimalkan Pajak Daerah, Bapenda Kobar Sosialisasikan Perda Pajak Penerangan Jalan

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 24 Agustus 2020 21:37, Dibaca 217 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kotawaringin Barat (Kobar), menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 26 Tahun 2018 Tentang Pajak Penerangan Jalan (PPJ), Senin (24/8/2020). Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kobar.

Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan dan memaksimalkan target Pajak Daerah dari PPJ. Acara sosialisasi ini dihadiri sebanyak 23 peserta yang tergabung dalam perusahaan pemegang izin operasi usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan sendiri dan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah.

(Baca Juga : Pemko Palangka Raya Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah)

Bupati Kobar dalam sambutannya yang disampaikan Wabup Ahmadi mengatakan bahwa suatu daerah akan bisa melaju dengan sangat cepat apabila daerah tersebut memiliki kemandirian khususnya dari sisi anggaran, dalam bahasa teknisnya kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) semakin besar/semakin signifikan dalam struktur APBD tiap tahunnya.

“Realitanya kontribusi PAD dalam APBD masih sekitar kurang lebih 14 persen, 86 persen kita masih tergantung dana transfer dari pusat. Artinya kapasitas membangun kita masih sangat tergantung kepada pemerintah pusat. Karena itu pemerintah daerah (eksekutif dan legislatif) sangat mengharapkan partisipasi para pihak dalam keterkaitannya dengan kewajiban pajak daerah,” ucap Wabup Ahmadi.

Adapun rumus perhitungan PPJ yang diatur dalam Perda Nomor 28 tahun 2018, yakni :

Daya x Koefisien Daya x Jumlah Pemakaian x Harga x Tarif Pajak dengan keterangan

Daya = Kapasitas Genset/Generator

Koefisien Daya = 0,85 (85%);

Jumlah Pemakaian = Pemakaian Kwh/Bln;

Harga = Sesuai Permen ESDM No 28 Tahun 2016, untuk industri dan bisnis

Tarif Pajak = sesuai Perda sebesar 1,5%

Dibayarkan dan dilaporkan setiap bulannya kepada Bapenda Kobar.

“Dengan adanya sosialisasi ini kami berharap kerja sama setiap wajib pajak PPJ dapat bekerja sama dengan kami Bapenda dalam peningkatan PAD. Tanpa adanya kontrubusi seluruh pihak dinas terkait dan wajib pajak di Kobar kita juga tidak bisa bergerak optimal. Selain itu juga sampai saat ini Kobar masih dalam kondisi wabah Covid-19 besar harapan kita semua wabah ini cepat berakhir dan mengembalikan kita kepada kondisi normal umumnya,” kata Kepala Bapenda Kobar Molta Dena menambahkan.

Selain melakukan sosialiasi, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi Pemerintah Daerah dengan pemegang izin operasi usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan sendiri. Dengan Pajak, Kobar Jaya. Orang bijak taat bayar pajak. (bapenda kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook