Status Siaga Darurat Bencana Karhutla Kabupaten Kota se-Kalteng

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 23 Agustus 2020 20:14, Dibaca 270 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Sejak ditetapkannya Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan berdasarkan SK Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 Nomor.188.44/258/2020 tanggal 30 Juni 2020 oleh Gubernur Kalimantan Tengah dari tanggal 1 Juli hingga 28 September 2020, Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah, menindaklanjuti dengan memulai aktivasi Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Karhutla Provinsi Kalteng Tahun 2020. Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, melalui Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020  H.Darliansjah menyampaikan, “Sampai saat ini ada 7 Kabupaten/Kota yang sudah menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan,  yaitu  Kabupaten Sukamara, Kota Palangka Raya, Kabupaten Barito Utara,  Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Kotawaringin Barat,  dan kemarin, terhitung tanggal 11 Agustus sampai dengan 8 November 2020 disusul oleh Kabupaten Seruyan juga sudah menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla. Sementara itu untuk Kabupaten yang masih belum menetapkan Status Siaga Darurat Karhutla, kami sarankan untuk segera menetapkan status,” ucapnya, kepada Tim Informasi Publikasi.

Saat ditanya hal penanganan Karhutla yang terjadi di Wilayah Kabupaten Barito  Selatan, Sabtu  (22/8/2020),   H.Darliansjah, menjelaskan, “Sudah ditangani oleh Satgas Udara PDB Karhutla Provinsi dengan melakukan water boombing. Ada dua pesawat water boombing yang melaksanakan water boombing ke Kabupaten Barito Selatan, pesawat water boombing type Kamov 32A C-FIGR dan type MI 8AMT. Dari laporan tim yang melakukan water boombing di wilayah yang terbakar, firespot berada di sekitaran Desa Lehai Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan dengan hasil api padam 100%,” jelasnya.

(Baca Juga : Berpikir Positif, Kunci Meningkatkan Imun Tubuh dan Terhindar Dari Covid-19)


Sementara itu Kepala Bidang Operasi Satgas PDB Karhutla Provinsi, Alpius Patanan, Minggu (23/8/2020) menambahkan, “Hari ini pesawat heli patroli untuk sorti pertama kita kerahkan untuk memantau ke wilayah Barito Selatan, dimana kemarin di sana ada dilaksanakan water boombing. Dipantau lagi ada atau tidak ditemukannya firespot di wilayah sana,” ucapnya.

Hasil dari pantauan heli patroli yang melaksanakan patroli sorti pertama, rute Pky-Kapuas-Karau Kuala-Jenamas-Pulang Pisau-Pky, terpantau ada 3 titik firespot ditemukan di sekitaran Malitin,  Karo Kuala, Barito Selatan, di Telang,  Paju Epat,  Barito Timur dan di Dusun Hilir,  Barito Selatan. Dari ketiga wilayah yang terdapat firespot tersebut atas perintah Wakil Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, maka dilaksanakan water boombing.

“Ada tiga pesawat yang bergerak menangani di wilayah itu,” ucap Alpius Patanan."Yaitu pesawat heli 9N-ADD menangani water boombing di Malitin,  Karo Kuala, Barito Selatan, di Telang,  Paju Epat,  Barito Timur,  water boombing dilaksanakan  oleh heli RA-22840 dan di Dusun Hilir,  Barito Selatan water boombing dilaksanakan oleh heli C-FIGR,” ucapnya lagi.

Pada sorti kedua pesawat heli patroli melaksanakan patroli dengan rute Pky-Katingan-Mentaya-Kotim-Tampelas-Pky, terpantau ada 1 titik firespot di Kelurahan Jekan Raya,  Kecamatan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya. Berdasarkan informasi dari pantauan heli patroli udara dari Bidang Operasi, Noor Aswad,  mengarahkan Regu Pemadam Darat untuk cek lokasi berdasarkan titik koordinat dari tim patroli udara.


“Ya, benar saja di lokasi terdapat lahan yang terbakar, ada 2 Regu Tim Darat yang melakukan pemadaman, Regu Tim BPBPK Posko Induk dan Tim Regu dari Dishut Provinsi yang turun memadamkan, dibantu juga Tim Satgas Udara yang melakukan water boombing. Lahan  yang terbakar tuntas padam,” lanjut Noor Aasawad. (Pky.23/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook