Satgas PDB Lakukan Upaya Penanganan Karhutla

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 19 Agustus 2020 20:24, Dibaca 171 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam upaya penanganan kebakaran hutan dan lahan salah satunya dengan dilaksanakannya sosialisasi dan patroli terpadu di wilayah-wilayah Kabupaten dan kota yang dianggap rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Dari hasil sosialisasi penyadartahuan dan patroli tersebut diharapkan masyarakat lebih memahami dampak dari akibat karhutla, pencegahan terjadinya karhutla serta dengan konsekuensi hukum yang diterima apabila terbukti melanggar. 

Gubernur  Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, melalui Plt. Kepala  Pelaksana  Badan Penanggulangan Bencana  dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah,  sekaligus Wakil  Komandan Pos Komando Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana (Satgas PDB) Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, H.Darliansjah menjelaskan, ”Satuan Tugas Penanganan Darurat Bencana di Kabupaten dan Kota meningkatkan upaya patroli dan sosialisasi di daerah-daerah dengan tingkat kemudahan MUDAH terbakar dan SANGAT MUDAH terbakar,  memang pada sebagian wilayah di Kabupaten ada yang mengalami hujan, namun ada juga wilayah di Kabupaten yang tidak mengalami hujan, dan bahkan mengalami kekeringan, nah di situlah pada umumnya rentan terjadinya kebakaran,” jelasnya. Dalam rapat perencanaan dengan mengundang Kabupaten dan Kota ikut bergabung dalam Zoom Meeting pada Rabu (19/8/2020).

(Baca Juga : Dinas TPHP Kalteng Laksanakan Kegiatan ToT CSA SIMURP)


Rapat tersebut membahas langkah-langkah strategis yang akan ditempuh oleh Kabupaten dan Kota dalam upaya penanganan terjadinya Karhutla tahun 2020. Dalam kesempatan yang sama Kepala Bidang Perencanaan Satgas PDB Kibue melalui Kepala Bidang Operasi Alpius Patanan menjelaskan, “Untuk Kabupaten dan Kota yang sudah menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020, agar lebih aktif melaporkan perkembangan penanganan Karhutla di wilayahnya baik yang sudah tertangani atau yang belum tertangani dan selanjutnya rencana apa saja yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten dalam penanganan Karhutla di wilayahnya. Untuk Kabupaten yang masih belum menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2020, diharapkan untuk segera menetapkan statusnya untuk mendapat dukungan penanganan Karhutla baik dari Pemerintah Provinsi  maupun  dari  Pemerintah Pusat,” ucapnya.


Sementara untuk penanganan Karhutla di Wilayah Kota Palangka Raya, Koordinator Satgas Pemadaman Darat, Triwinbert Y.Embang mengatakan, “BPBD Kota Palangka Raya tentunya didukung oleh seluruh elemen dan masyarakat dalam upaya penanganan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Palangka Raya. Diharapkan Tim Patroli di Kabupaten dan Kota melaporkan  secara update terkait daerah-daerah yang ditemukan rawan pembakaran untuk mendukung pemetaan kawasan rawan Karhutla serta menginformasikan kondisi terkini peralatan pendukung kegiatan patroli dan peralatan pemadaman demi kelancaran pelaksanaan Operasi di lapangan. Untuk safety agar tetap memperhatikan protokol Covid-19 dalam melaksanakan tugas dan untuk  pengecekan sumur bor yang tertutup semak belukar agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap binatang atau hal-hal yang berbahaya,” tambahnya. (Pky.19/8/2020 DewiS Foto/Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook