Penerapan Protokol Kesehatan di Masjid Al-Hikmah Palangka Raya

Kontribusi dari BPBPK PROV KALTENG, 07 Januari 2021 16:42, Dibaca 822 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya -  Pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), setiap orang diwajibkan menerapkan protokol kesehatan diantaranya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Penerapan protokol kesehatan ini dilakukan agar terhindar dari penularan virus covid-19, termasuk ketika menjalankan sholat di masjid.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah H. Darliansjah melalui Koordinator Bidang Perubahan Perilaku Kibue menyampaikan, ”Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di rumah ibadah jamaah yang sedang melaksanakan sholat diimbau untuk mentaati protokol kesehatan,” ucapnya kepada Tim Informasi dan Publikasi, Kamis (7/1/2021). 

(Baca Juga : Rapat Koordinasi Kesiapan Menghadapi Ancaman/Bahaya Banjir, Banjir Bandang, Cuaca Ekstrem dan Tanah Longsor Tahun 2021)

Saat berbincang-bincang dengan Tim Informasi dan Publikasi, salah seorang pengurus Masjid Al-Hikmah di Jalan Jambrut Km.4 Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya M. Amin menyampaikan, ”Untuk mengantisipasi agar tidak terjadinya penularan Covid-19 di kalangan jamaah Masjid Al-Hikmah, jamaah yang melakukan sholat Ashar, isya, dan magrib dibatasi. Pada hari-hari biasanya sebelum adanya pandemic Covid-19 yang melaksanakan sholat di masjid banyak. Bila sekarang, dibatasi terutama anak-anak di bawah umur sepuluh tahun dan lansia hanya boleh melaksanakan sholat di rumah saja,” ucapnya.

“Jamaah yang melaksanakan sholat di masjid diwajibkan menjaga jarak aman di shaf atau barisan dengan jamaah lain, wajib memakai masker, membawa perlengkapan shalat sendiri,” ujar M.Amin.

“Upaya pencegahan lebih lanjut dengan rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan oleh pengurus masjid secara bergantian,” lanjut M.Amin.

“Sebagai bentuk dukungan, masjid Al-Hikmah mendapat dukungan dari Pemerintah dalam hal ini Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah berupa satu unit alat Sepray Solo yang dipergunakan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan secara mandiri di lingkungan masjid Al-Hikmah dan alhandulillah sampai saat ini belum ada jamaah yang terpapar Covid-19, Tuturnya (Pky.7/1/2021 DewiS /foto/ Data:PusdalopsPBKalteng)

BPBPK PROV KALTENG

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook