Pemprov Kalteng Hadiri Acara Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal 2020

Kontribusi dari Widia Natalia, 19 Agustus 2020 09:52, Dibaca 406 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Staf Ahli Gubernur bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Provinsi (Prov) Kalimantan Tengah (Kalteng) Endang Kusriatun mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran hadiri acara Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal 2020. Acara diikuti secara virtual di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (1908/2020).

Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Syahrul Yasin Limpo membuka secara resmi gerakan diversifikasi pangan lokal. Kementerian pertanian (Kementan) mendorong diversifikasi pangan lokal untuk mendukung kedaulatan pangan Nasional.

(Baca Juga : Pembukaan FGD Pelatihan E-Penyiaran/SIMP3 & E-Licensing, Sosialisasi Peluang Usaha serta Open Access Penyelenggaraan TV Kabel )

Diversifikasi   pangan   merupakan   upaya   untuk   mendorong   masyarakat   agar  memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja. Diversifikasi konsumsi pangan  diartikan   sebagai   pengurangan   konsumsi   beras   yang   dikompensasi   oleh   penambahan  konsumsi   bahan  pangan   non   beras . 

Melalui gerakan diversifikasi diharapkan pangan lokal memiliki daya saing dan tidak hanya sebatas pangan untuk dikonsumsi saja tetapi ada nilai lebih di dalamnya. Langkah strategis diversifikasi pangan mencakup aspek produksi, pascapanen, stok dan pengolahan, hingga pemasaran dan pemanfaatan. 

Kementan menargetkan peningkatan konsumsi pangan sumber karbohidrat pengganti beras hingga 7%. Tujuan diselenggarakannya gerakan diversifikasi Pangan Lokal untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam seimbang dan aman, dengan memanfaatkan olahan pangan lokal karbohidrat non beras, serta mendorong cinta olahan pangan lokal yang bernilai komersial.


Hadir dari Pemprov Kalteng diantaranya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Kalteng Ati Mulyati, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Kalteng Aster Bonawaty, Kadis Kelautan dan Perikanan H. Darliansjah dan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Prov. Kalteng Lilis Suryani.(WDY/Foto:Ari)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook