Pemprov Kalteng Secara Serentak Melakukan Kampanye Gerakan Pakai Masker Dan Pembagian Masker Gratis Kepada Masyarakat Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Widia Natalia, 18 Agustus 2020 09:31, Dibaca 378 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov. Kalteng) secara serentak melakukan Kampanye Gerakan Pakai Masker dan pembagian masker gratis kepada masyarakat secara masal, Selasa (18/08/2020). Kampanye ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke75 Republik Indonesia (RI) dan menindaklanjuti hasil rapat koordinasi via video conference dengan Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tingkat Nasional tanggal 13 agustus 2020 yang lalu.

Gerakan ini sebagai upaya seluruh elemen masyarakat meningkatkan kepedulian dalam mencegah dan pengendalian penyebaran serta penuluran Covid-19. Dalam hal ini, setiap orang diwajibkan menggunakan alat pelindung diri berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu, jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya.

(Baca Juga : Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Apresiasi Kegiatan Panen Bersama di Pekarangan Kelompok Wanita Tani Menteng Permai)


Pada Kampanye Gerakan Pakai Masker ini, secara serentak masing-masing Dinas/Instansi/Organisasi Pemprov. Kalteng membagikan minimal 500 pcs masker di beberapa lokasi kota Palangka Raya. Seluruh pejabat Pemprov. Kalteng, mulai dari Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri , Asisten, Staf Ahli dan semua Kepala Perangkat Daerah turun langsung ke lapangan untuk membagikan masker dalam kampanye gerakan pakai masker.

Fahrizal Fitri menjelaskan kegiatan ini merupakan bakti sosial dari unsur Pemprov. Kalteng berkenaan dengan adanya pembagian masker sebanyak 5.000 pcs kepada masyarakat Kalteng khususnya di Kota Palangka Raya bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih aktif menggunakan masker dalam rangka untuk mencegah penyebaran covid-19, baik itu kita sendiri menyebarkan kepada orang lain atau juga kita yang terpapar dari orang lain.

"Dengan adanya kita menggunakan masker, tentu dengan penyebaran virus ini, kita harapkan bisa diputus. Kita harapkan Kalimantan Tengah, segera terbebas dari virus corona," tutup Sekda Kalteng.

Senada dengan hal tersebut Gerakan Kampanye ini memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya masyarakat yang berada di Kota Palangka Raya agar wajib melaksanakan 4M yaitu, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan. Hal ini sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Kalteng Nomor 43 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin Dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19.

Dalam Peraturan Gubernur tersebut diantaranya mengatur sanksi bagi Pelanggaran Perorangan terhadap Protokol Kesehatan, akan dikenakan sanksi kerja sosial berupa menyapu jalan sekurangnya 2 jam dan paling lama selama 1 minggu setiap hari untuk pelanggar yang berulang, atau denda paling banyak Rp.250.000,-.(YDS/Foto: Ist) 

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook