Gubernur: Kemerdekaan Bukan Hanya Sebuah Kata, Namun Juga Sebuah Kesempatan

Kontribusi dari Rikah Mustika, 17 Agustus 2020 08:34, Dibaca 416 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan karena saat ini masih dalam masa pandemi covid-19.

Sesuai dengan tema HUT Ke-75 Tahun 2020 yaitu “Indonesia Maju”, Orang Nomor Satu di Bumi Tambun Bungai ini menjelaskan bahwa Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi simbol yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia. Kemerdekaan bukan hanya sebuah kata, namun juga sebuah Kesempatan.

(Baca Juga : Sosialisasi dan Workshop Penegakan Disiplin PNS)

“Sekarang saatnya kita fokus kepada hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa,” ucapnya.                                                                                                                           

Pada kesempatan yang sama, Gubernur juga menyampaikan beberapa perkembangan capaian indikator makro dan pembangunan Prov. Kalteng dalam mendukung konsep Indonesia Maju. Pertama, pertumbuhan ekonomi Kalteng tahun 2019 yang telah tumbuh sebesar 6,16% dan PDRB per kapita 55,6 juta rupiah. Inflasi pada bulan April tahun 2020 sebesar 2,45% dengan tingkat inflasi sebesar 1,66%.

“Gini Rasio per Maret Tahun 2019 sebesar 0,335, Tingkat Kemiskinan menurun dari 5,17& pada tahun 2018 menjadi 4,98% tahun 2019, Tingkat Pengangguran Terbuka per April Tahun 2020 sebesar 3,39%, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 70,91%,” terangnya.

Kedua, lanjutnya, seiring meningkatnya kebutuhan transportasi udara serta pengembangan perekonomian dan pariwisata di Kalteng, Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya menjadi Bandara International dan Emberkasi Haji Penuh. Ketiga, untuk mendukung Program Tol Laut, pada tahun 2018 dilaksanakan pengerukan alur sungai Kapuas Murung, merencanakan pembangunan Pelabuhan Teluk Sangiang di Kota Palangka Raya, serta usulan realokasi Pelabuhan Sampit ke Pelabuhan di Bagendang, Khusus Bongkar Muat.

“Keempat, pencanangan Kalteng sebagai salah satu Provinsi yang ditetapkan sebagai daerah pendukung gerakan ketahanan pangan nasional oleh Bapak Presiden Republik Indonesia tanggal 9 Juli 2020 di wilayah Eks PLG Desa Dadahup Kabupaten Kapuas dan Desa Belanti Siam Kabupaten Pulang Pisau seluas 165.000 Hektar. Kelima, upaya peningkatan kesehatan masyarakat Kalteng direncanakan pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Daerah Tipe A dan penganggaran melalui KPBU,” imbuhnya.

Keenam, sambungnya, pembangunan jalan prioritas (jalan provinsi) multi years kontrak sebesar 2.050 triliun yang dibagi menjadi 3 wilayah yaitu Wilayah Timur 3 ruas jalan, Wilayah Tengah 10 ruas jalan, dan Wilayah Barat 9 ruas jalan. Ketujuh, pendapatan daerah meningkat cukup  signifikan dalam 4 tahun terakhir. Kedelapan, Pemprov. Kalteng berhasil meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 6 kali berturut-turut dari BPK RI Perwakilan Kalteng.

“Kesembilan, dalam rangka percepatan penanganan Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran untuk penanganan kesehatan, dampak ekonomi dan jaring penganan sosial sebesar 1,4 triliun. Kesepuluh, Bantuan Sosial Tunai untuk korban terdampak covid-19 tahap 1 sebanyak 180.747 KK yang tersebar di 14 kabupaten/kota dengan total nilai Rp. 90.373.500.000,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur menghimbau agar menerapkan pola tatanan hidup baru sebab status nasional bencana non alam pandemi covid-19 dan status perpanjangan kedua tanggap darurat bencana pandemi covid-19 di wilayah Kalteng belum dicabut. Gubernur Sugianto juga menghimbau agar masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla.

“Tahun 2020 ini adalah tahun politik dimana pada Tanggal 9 Desember 2020, kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kalimantan Tengah untuk menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, pastikan saudara-saudara menggunakan hak pilih dan tidak golput, karena suara saudara semua menentukan pembangunan Kalimanan Tengah 5 (lima) tahun ke depan. Tentukan pilihan anda sesuai hati nurani secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Mari kita sukseskan Pemilukada Tahun 2020 dengan jiwa dan semangat HUMA BETANG,” tutup Sugianto.

Pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI) tahun ini, Gubernur melakukan penyerahan Remisi Umum Bagi Narapidana dan Anak secara simbolis dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020. Selain itu, dilakukan juga penyerahan Piagam Penghargaan Tanda Penghargaan “Manggala Karya Kencana” dari Kepala BKKBN RI Kepada Gubernur Kalteng oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov.Kalteng. Penyerahan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Senin (17/8/2020).

Turut hadir Wakil Ketua II DPRD Prov. Kalteng H. Jimmy Carter, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kajati Kalteng Mukri, Kabinda Kalteng Brigjen Pol. M. Slamet Urip Widodo, Kajati Kakanwil Kalteng Ilham Djaya, sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov. Kalteng, serta para tamu undangan lainnya. Peserta upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemprov. Kalteng. (Rkh/ Foto: Asep)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook