Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 38 Orang Dan Terkonfirmasi Baru 37 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 15 Agustus 2020 15:51, Dibaca 567 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan kenaikan signifikan pada klaster perkantoran menjadi kewaspadaan bersama, khususnya di wilayah Kalteng. Di samping klaster perkantoran, beberapa klaster di Kalimantan Tengah teridentifikasi seperti klaster pemukiman atau lokal transmisi, pasar atau pusat perbelanjaan pelayanan kesehatan, dan rumah ibadah.

Pemerintah Provinsi Kalteng bekerja keras untuk melakukan berbagai upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di tengah masyarakat. Pemerintah setempat aktif melakukan tes dan penyelidikan epidemiologi dengan pencarian kasus secara aktif dan contact tracing.

(Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 72 Orang Dan Konfirmasi Baru 46 Orang)

H. Sugianto Sabran juga menyampaikan jumlah akumulasi data sampai dengan hari ini, pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalteng bertambah sebanyak 37 orang dengan total kasus mencapai 2.172 orang, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 38 orang dan pasien dinyatakan meninggal dunia sebanyak 100 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 4,6 persen. Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui tim komunikasi publik Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng Rita Juliawati, SKM, M.Si dalam press release yang digelar pada Sabtu (15/08/2020) sore, di Gedung Smart Province (GSP) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng.

Dalam keterangannya Rita Juliawati mengungkapkan jumlah pasien Covid-19 yang sembuh di Kalteng bertambah sebanyak 38 orang dibanding hari sebelumnya, dimana yang semula pada tanggal 14 Agustus 2020 hanya berjumlah 1.580 orang menjadi 1.618 orang saat ini.

Pasien Covid-19 yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 18 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 3 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat, 5 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau, 9 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Murung Raya.

Lebih lanjut Rita Juliawati mengatakan bahwa sampai saat ini Kasus konfirmasi baru juga turut mengalami peningkatan. Bedasarkan data sampai dengan hari ini kasus konfirmasi Covid-19 kembali bertambah sebanyak 37 orang, yaitu 21 orang tersebut merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Gunung Mas, 2 orang merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan dan 11 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. Kasus konfirmasi yang semula hanya 2.135 orang menjadi 2.172 orang saat ini.

Dari 2.172 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 1.618 orang sudah dinyatakan sembuh, 100 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 454 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Jumlah pasien konfirmasi yang dalam perawatan, saat ini mengalami pengurangan sebanyak 1 orang, sehingga yang semula 455 orang menjadi 454 orang saat ini.

Rita Juliawati juga menuturkan untuk tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini masih berada di angka 4,6 persen. Dalam 24 jam terakhir dilaporkan tidak ada penambahan sebanyak pada pasien meninggal dunia akibat Covid-19, jumlahnya tetap sebanyak 100 orang saat ini.

Sementara, untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP saat ini dilaporkan turut mengalami penambahan. Disampaikan oleh Rita Juliawati, untuk kasus suspek saat ini mengalami penambahan sebanyak 41 orang dalam 24 jam terakhir, sehingga dari semula berjumlah 319 orang, menjadi 360 orang saat ini.

Distribusi kasus suspek dari masing-masing Daerah antara lain, Kota Palangka Raya 90 orang, Kabupaten Kapuas 7 orang, Kabupaten Pulang Pisau 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 11 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 104 orang, Kabupaten Seruyan 2 orang, Kabupaten Katingan 71 orang, Kabupaten Sukamara 1 orang, Kabupaten Lamandau 2 orang, Kabupaten Barito Selatan 15 orang, Kabupaten Barito Utara 6 orang, Kabupaten Barito Timur 43 orang dan Kabupaten Gunung mas 4 orang.

Terakhir, Rita Juliawati menyampaikan untuk kasus Probable saat ini masih tetap berjumlah 31 orang. Tidak ada penambahan pada kasus probable dalam 24 jam terakhir yakni tetap sebanyak 31 orang saat ini.

Sebanyak 31 orang tersebut, masing-masing merupakan warga asal Kota Palangka Raya 14 orang, warga asal Kabupaten Kapuas 6 orang, warga asal Kabupaten Katingan 8 orang, warga asal Kabupaten Barito Selatan 1 orang dan 2 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. (WDY/Foto:Aldo)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook