Update Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 Di Kalteng : Sembuh 9 Dan Positif 2

Kontribusi dari Widia Natalia, 25 Mei 2020 16:28, Dibaca 2,144 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mencatat jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 terus bertambah.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, hingga Senin (25/05/2020) Pukul 15.00 WIB, jumlah pasien sembuh dari Covid-19 mencapai 151 orang.

(Baca Juga : Kasus Harian Covid-19, 16 November 2021 : Sembuh 6 Orang, Konfirmasi 5 Orang. Mari Terus Disiplin Prokes)

Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 per Minggu (24/05/2020) Pukul 15.00 WIB hanya berjumlah 142 orang. Terjadi penambahan pasien sembuh sebanyak 9 orang dalam 24 terakhir.

Sebanyak 9 orang yang baru dinyatakan sembuh yakni 6 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat dan 3 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Kapuas. Ke 9 orang pasien sembuh tersebut diantaranya 6 orang yang sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dan 3 orang lainnya yang sebelumnya menjalani perawatan di Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno S.

Total sebanyak 151 orang termasuk dengan 9 orang yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing sebanyak 85 orang berdasarkan hasil dari RSDS Palangka Raya, 25 orang berdasarkan hasil dari RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, 6 orang diantaranya dinyatakan sembuh dalam 24 jam terakhir, 16 orang berdasarkan hasil dari RSUD Murjani Sampit, RSUD Soemarno Sostroatmojo Kapuas 6 orang, 6 orang berdasarkan hasil dari RSUD Puruk Cahu, 1 orang berdasarkan hasil dari RSUD Ulin Bjm dan 12 orang lainnya berdasarkan hasil dari RS Siloam Palangka Raya.

Kasus terkonfirmasi positif di Kalteng turut mengalami peningkatan. Total kasus positif yang dilaporkan hingga saat ini mencapai 311 orang, masing-masing sebanyak 151 orang sudah dinyatakan sembuh, 17 orang meninggal dunia dan sisanya 143 orang pasien positif yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng.

Sementara, sebanyak 143 orang positif Covid-19 yang tersisa saat ini, 2 orang diantaranya terkonfirmasi positif dalam 24 jam terakhir.

Terkonfirmasi positif yang baru sebanyak 2 orang yakni merupakan warga asal Kota Palangka Raya dan sedang menjalani perawatan di RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya saat ini.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng mengklarifikasi bahwa sampai dengan kemarin dilaporkan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Murjani Sampit ada sebanyak 15 orang. Diketahui bahwa dari 15 orang tersebut terdapat 1 orang warga asal Kabupaten Katingan yang memiliki data yang sama.

Dengan adanya kesamaan data, saat ini pasien positif yang masih menjalani perawatan di RSUD Murjani Sampit tersisa 14 orang.

Total, sebanyak 143 pasien positif Covid-19 yang tersisa saat ini, masing-masing yang menjalani perawatan di RSDS Palangka Raya menjadi 42 orang saat ini, 2 orang diantaranya terkonfirmasi positif dalam 24 jam terakhir, RSSI Pangkalan Bun tersisa 11 orang, RSUD Murjani Sampit tersisa 14 orang, Karantina Pemerintah Daerah Kapuas dan RSUD Soemarno Sostroatmojo tersisa 39 orang, RSUD Puruk Cahu tetap 6 orang, RS Siloam Palangka Raya tetap 10 orang, RSUD Mas Amsyar tetap 10 orang, RSUD Jaraga Sasameh tetap 5 orang, RSUD Pulang Pisau tetap 1 orang dan RS Kota Palangka Raya tetap 5 orang.

Tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini dilaporkan masih berada di angka 5,5 persen. Tidak ada peningkatan pada kasus meninggal dunia akibat Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 hingga saat ini tetap 17 orang.

Kasus Pasien Dengan Pengawasan (PDP) di Kalteng saat ini mengalami penambahan. Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan terjadi pebambahan pada kasus PDP sebanyak 1 orang sehingga menjadi 51 orang saat ini.

PDP di RSDS Palangka Raya tetap 16 orang saat ini, PDP di RSUD Murjani Sampit tetap 4 orang saat ini, PDP di RSUD Muara Teweh tetap 3 orang saat ini, PDP di RSUD Soemarno Kapuas menjadi 4 orang saat ini, PDP di RSUD Pulang Pisau berkurang menjadi 2 orang saat ini, PDP di RSUD Murung Raya tetap 3 orang saat ini, PDP di RSSI Pangakaln Bun berkurang menjadi 6 orang saat ini, PDP di RS Siloam Palangka Raya bertambah menjadi 6 orang saat ini dan PDP di RSUD Mas Amsyar tetap 7 orang.

Distribusi PDP dari masing-masing daerah diantaranya Kota Palangka Raya 12 orang, Kabupaten Barito Utara 3 orang, Kabupaten Pulang Pisau 2 orang, Kabupaten Katingan 10 orang, Kabupaten Kapuas 6 orang, Kabupaten Gunung Mas 1 orang, Kabupaten Murung Raya 7 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 3 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 6 orang dan Kabupaten Seruyan 1 orang.

Untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini dilaporkan turut mengalami penambahan sebanyak 16 orang dalam 24 jam terakhir sehingga menjadi 243 orang saat ini.

ODP terbanyak tetap ada di Kota Palangka Raya berjumlah 90 orang. (WDY)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook