TP-PKK Kalteng Gelar Bimtek Yang diisi Dengan Sosialisasi Pola Asuh Anak Dan Remaja, Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui HATINYA PKK Serta Sosialisasi Stunting

Kontribusi dari Widia Natalia, 12 Agustus 2020 20:33, Dibaca 446 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejxahteraan Keluarga Provinsi Kalimantan Tengah (TP-PKK Prov. Kalteng) menggelar Bimbingan Teknis yang diisi dengan Sosialisasi Pola Asuh Anak Dan Remaja, Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan melalui HATINYA PKK (Halaman Asri, Teratur, Indah Dan Nyaman) dan sosialisasi stunting. Kegiatan yang gelar oleh TP-PKK Prov. Kalteng ini merupakan rangkaian Bimtek yang diselenggarakan di 13 Kabupaten dan 1 Kota se-Kalteng.


Kegiatan ini dilangsungkan di Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya, Rabu (12/08/2020). Rangkaian Bimtek diisi juga dengan pemberian bibit tanaman serta pemberian makanan tambahan berupa susu sapi, sari kacang hijau dan biskuit, pemberian peralatan posyandu berupa alat timbang badan bayi dan alat ukur panjang badan bayi kepada 10 Posyandu di Kecamatan Sebangau. Selain itu, rangkaian Bimtek diisi dengan pelatihan membatik dengan metode eccoprint serta membuat perhiasan dari rangkaian kawat dan batu.

(Baca Juga : Bertolak ke Kapuas, Gubernur Kalteng Pimpin Rapat dan Tinjau Posko Satgas Siaga Bencana Karhutla)


Dalam kegiatan tersebut TP-PKK Prov. Kalteng bekerja sama dengan TP-PKK Kota Palangka Raya selaku tuan rumah kegiatan. Turut hadir dalam kegiatan diantaranya, Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya yang juga merupakan anggota pokja IV TP-PKK Prov. Kalteng drg. Yayu Indriaty selaku penanggung jawab kegiatan, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng Lilis Suryani yang berkontribusi memberikan bibit sayuran kepada masyarakat di Kecamatan Sebangau sekaligus menyampaikan kampanye tentang diversivikasi pangan, serta perwakilan dari Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Istani, yang dalam kesempatan tersebut juga memberikan bantuan bibit tanaman dan benih ikan kepada masyarakat di Kecamatan Sebangau yang diterima oleh Ketua TP. PKK Kota Palangka Raya Emnestiningsih.


Dalam kesempatan Bimtek tersebut Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran melalui Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya drg. Yayu Indriaty menyampaikan Pandemic Covid-19 sekarang ini sangat mempengaruhi roda kehidupan masyarakat Kalteng baik secara ekonomi, kesehatan, pendidikan serta ketahanan pangan keluarga. Didasari hal tersebut, TP-PKK Prov. Kalteng turut membantu masyarakat agar dapat bangkit dari keterpurukan akibat pandemic ini dengan beberapa cara antara lain Pelatihan UP2K bagi kader PKK, agar para kader dapat menggunakan waktu dan mengasah keterampilannya untuk dapat membuat produk yang berdaya jual sehingga dapat membantu perekonomian keluarganya.

drg. Yayu Indriaty juga menyampaikan pemberian bibit untuk HATINYA PKK diharapkan dapat membantu keluarga untuk dapat mempertahankan ketahanan pangan keluarga sehingga dapat menekan pengeluaran agar tidak perlu membeli kebutuhan kebutuhan sehari hari yang bisa didapat dari hasil pekarangan tersebut, imbuhnya.

“Ada pula pemberian bantuan peralatan posyandu, alat pelindung diri sederhana bagi kader dan makanan tambahan untuk balita di posyandu serta sosialisasi pola asuh bagi anak dan remaja agar para orang tua dapat mendidik anak dimasa pandemic ini”, ungkap drg. Yayu.

Lebih lanjut, drg. Yayu Indriaty menyampaikan bahwa Kalteng saat ini juga menghadapi permasalahan kesehatan yaitu stunting. Kalteng menduduki peringkat 10 besar angka stunting tertinggi di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut drg. Yayu Indriaty menyampaikan pesan Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, untuk mengajak masyarakat bersama – sama memanfaatkan secara maksimal posyandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terutama dalam pemantauan tumbuh kembang anak.

“Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengunjungi posyandu, antara lain kita dapat memantau tumbuh kembang anak kita, pelayanan imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan KB, vitamin A dan lain sebagainya”, tutur drg. Yayu.

Tidak lupa juga disampaikan oleh drg. Yayu pesan dari Ibu Ivo sugianto sabran kepada para kader posyandu untuk dapat mengajak ibu – ibu hamil, ibu bersalin, ibu yang mempunyai bayi dan balita untuk berkunjung ke posyandu dan mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan mereka.

"Diharapkan juga kepada para kader – kader posyandu agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru dalam beraktivitas, antara lain selalu memakai masker, menjaga jarak dengan orang lain dan tidak berkerumun serta selalu mencuci tangan memakai sabun di air mengalir", pungkas drg. Yayu. (WDY/Foto:Ist)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook