Perkembangan Terbaru Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 28 Orang Dan Kasus Konfirmasi 66 Orang

Kontribusi dari Widia Natalia, 07 Agustus 2020 15:53, Dibaca 29 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selaku Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng menyampaikan bahwa saat ini Kabupaten Sukamara dilaporkan masih menjadi satu-satunya wilayah zona hijau karena tidak ada kasus. H. Sugianto Sabran juga menyampaikan jumlah akumulasi data sampai dengan hari ini Jumat, 07 Agustus 2020, pasien konfirmasi positif Covid-19 di Kalteng bertambah sebanyak 66 orang dengan total kasus mencapai 1.962 orang, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 28 orang dan pasien dinyatakan meninggal dunia tetap 96 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 4,9% persen.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran melalui tim komunikasi publik Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dr. Caroline Ivonne dalam press release yang digelar pada Jumat (07/08/2020) sore, di Lobi Kantor Utama RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya.

(Baca Juga : 1 Pasien RSDS Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh)

Dalam keterangannya dr. Caroline Ivonne  mengungkapkan jumlah pasien sembuh Covid-19 di Kalteng kembali bertambah sebanyak 28 orang dibanding hari sebelumnya, dimana yang semula hanya berjumlah 1.351 orang menjadi 1.379 orang saat ini.

Pasien Covid-19 yang baru dinyatakan sembuh, masing-masing 25 orang merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas, 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Katingan dan 1 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Pulang Pisau.

Kasus konfirmasi baru dilaporkan turut mengalami peningkatan dalam jumlah banyak. dr. Caroline Ivonne menuturkan berdasarkan data sampai dengan hari ini kasus konfirmasi Covid-19 kembali bertambah sebanyak 66 orang, yaitu 19 orang tersebut merupakan warga asal Kota Palangka Raya, 15 orang merupakan warga asal Kabupaten Kotawaringin Barat , 1 orang merupakan warga asal Kabupaten Kapuas dan 31 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Selatan. Kasus konfirmasi yang semula hanya berjumlah 1.896 orang menjadi 1.962 orang saat ini.

Dari 1.962 kasus konfirmasi yang dilaporkan yakni 1.379 orang sudah dinyatakan sembuh, 96 orang meninggal dunia dan sisanya sebanyak 487 pasien konfirmasi yang masih menjalani perawatan di sejumlah RS rujukan Covid-19 di Kalteng. Jumlah pasien konfirmasi yang dalam perawatan, saat ini mengalami penambahan sebanyak 38 orang, sehingga yang semula 449 orang menjadi 487 orang saat ini.

dr. Caroline Ivonne mengatakan, tingkat kematian atau Case Fatality Rate (CFR) Covid-19 di Kalteng saat ini berada di angka 4,9 persen. Tidak ada penambahan pada kasus meninggal dunia akibat-Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Jumlah pasien meninggal dunia akibat Covid-19 masih sebanyak 96 orang saat ini.

Untuk kasus suspek atau yang sebelumnya dikenal ODP dan PDP saat ini dilaporkan turut mengalami peningkatan. Disampaikan oleh dr. Caroline Ivonne, untuk kasus suspek saat ini mengalami penambahan sebanyak 13 orang dalam 24 jam terakhir, sehingga dari semula berjumlah 264 orang, menjadi 277 orang saat ini.

Distribusi kasus suspek dari masing-masing Daerah antara lain, Kota Palangka Raya 91 orang, Kabupaten Kapuas 13 orang, Kabupaten Pulang Pisau 4 orang, Kabupaten Kotawaringin Barat 8 orang, Kabupaten Kotawaringin Timur 41 orang, Kabupaten Katingan 73 orang, Kabupaten Sukamara 2 orang, Kabupaten Lamandau 4 orang, Kabupaten Barito Selatan 5 orang, Kabupaten Barito Utara 12 orang, Kabupaten Barito Timur 23 orang dan Kabupaten MurungRaya 1 orang.

Terakhir, dr. Caroline Ivonne  menyampaikan untuk kasus Probable turut mengalami penambahan sebanyak 2 orang, sehingga dari semula 27 orang menjadi 29 orang. Diketahui, 29 orang tersebut, masing-masing merupakan warga asal Kota Palangka Raya 11 orang, warga asal Kabupaten  Kapuas 5 orang, warga asal Kabupaten Katingan 8 orang, warga asal Kabupaten Barito Selatan 1 orang dan 4 orang lainnya merupakan warga asal Kabupaten Barito Utara. (WDY/Foto:Agung)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook