2 Pasien RSDS Palangka Raya Dinyatakan Positif Covid-19

Kontribusi dari Widia Natalia, 20 Maret 2020 15:30, Dibaca 646 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) mengungkapkan, sejak tanggal 20 Maret 2020, Kalteng berubah status dari Siaga menjadi status Tanggap Darurat Pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prov. Kalteng Leonard S. Ampung di Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (20/03/2020).

(Baca Juga : Update Perkembangan Kasus Covid-19 di Kalteng : Sembuh 9 Orang Dan Terkonfirmasi Positif 12 Orang)

Ketua Gugus Tugas Leonard S. Ampung sampaikan info per 20 Maret 2020 pukul 16.07 WIB, data Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kalteng sampai saat ini berjumlah 130 orang. Hal ini menunjukan kasus ODP mengalami peningkatan yang signifikan dalam sehari. Data ODP per 19 Maret 2020 hanya berjumlah 70 orang. Kasus ODP ditemui paling banyak di Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) turut mengalami peningkatan. Saat ini kasus PDP berjumlah 29 orang, 2 orang dinyatakan Positif Covid-19, 10 orang dinyatakan negative Covid-19 dan 17 orang lainnya masih menunggu hasil laboratorium. Diketahui sebelumnya data per 19 Maret 2020, kasus PDP hanya berjumlah 22 orang", pungkasnya.

"Posisi 2 orang Pasien Positif Covid-19 di Palangka Raya saat ini berada di ruang Isolasi RS Doris Sylvanus", paparnya.

Lebih lanjut disampaikan, Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19 di wilayah Kalteng, yang masih menangani kasus PDP, diantaranya RS Doris Sylvanus berjumlah 24 orang dan RS Sultan Imanudin (RSSI) Palangkalan Bun berjumlah 5 orang.

"Dari 3 RS rujukan Covid-19 yang ada di Kalteng, terdapat 7 ruangan isolasi, dengan jumlah tempat tidur sebanyak 36. Hingga saat ini, sudah terpakai sebanyak 25 tempat tidur. Dalam hal ini turut mengalami peningkatan dari hari sebelumnya yang hanya terpakai 22 tempat tidur", imbuhnya.

Leonard S. Ampung juga memaparkan kondisi PDP suspek Covid-19 yang sedang dalam perawatan di ruang isolasi RSSI dan RSDS kondisinya sampai saat ini masih distabilkan.

Perlu diketahui, Pemprov. Kalteng melalui Dinkes Prov. Kalteng yang turut menjadi salah satu anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayah Kalteng, pada hari ini 20 Maret 2020, telah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa lokasi diantaranya kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Prov. Kalteng, Gereja Yerusalem, Gereja Sakatik dan Masjid IAIN. Daerah lain yang juga melakukan penyemprotan disinfektan pada hari ini yakni Kabupaten Murung Raya.

Penyemprotan disinfektan dilakukan guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) di wilayah Kalteng.

Turut hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Staf Ahli Gubernur Herson B. Aden, Direktur RSUD Doris Sylvanus Yayu Indriaty dan Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul. (WDY/Foto:Asef)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook