Kunjungan Tim Pokja Ke Lokasi Food Estate Kabupaten Pulang Pisau

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 01 September 2020 09:00, Dibaca 210 kali.


MMCKalteng - Pulang Pisau - Senin (31/8/2020) Tim pokja Food Estate Kalimantan Tengah melakukan kunjungan ke beberapa titik utama pelaksanaan Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau, tepatnya ke  desa Gadabung, Belanti Siam, Tahai Jaya dan Tahai  Baru. Tim pokja yang dikomandani Dr. Eka M Taufik yang juga didampingi Prof Danes dari UPR serta beberapa peneliti dari UPR dan BPTP Kalteng serta mahasiswa, selain melihat langsung kondisi lahan di kawasan FE juga menyaksikan secara langsung petani yang sedang melakukan pengolahan tanah dengan traktor roda 4 (Jhon Deree) juga pelaksanaan panen dengan mekanisasi (Combine Harverster).

Para pakar yang terlibat dalam pokja juga menyempatkan diri mengambil sample air di saluran sekitar petakan sawah. Pada analisis awal yang dilakukan kondisi pH air di setiap wilayah berbeda namun semuanya tergolong sangat masam, yaitu pada kisaran 2.9 - 3.1, khususnya di Tahai Baru.

(Baca Juga : Stop Penularan Covid-19 di Kalangan Aparatur Sipil Negara Pemprov Kalteng)


Sementara itu, di Belanti Siam memiliki pH relatif lebih tinggi yaitu 4,5 - 4,8. Kehadiran tim pokja percepatan pembangunan Kalteng melalui program nasional Food Estate (FE) ini tentu bukan sekedar berperan dalam menyumbangkan pemikiran dan melakukan analisis, namun juga lebih membantu pemerintah dalam mensosialisasikan dan mewujudkan bersama keberhasilan dan program ini. 

Tentu dukungan pemerintah untuk lebih mendorong aktivitas para pakar yang tergabung di dalam tim pokja sangat diharapkan. Selain untuk dapat menggali lebih banyak lagi aspek-aspek utama yang mendorong suksesnya pelaksanaan program FE, juga strategi pengembangannya ke depan. (Susilawati- BPTP)

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook