Dukung Program Pelestarian Satwa Yang Dilindungi, Gubernur Kalteng kunjungi Penangkaran Rusa di PT. Sulung Ranch Kab. Kobar

Kontribusi dari Widia Natalia, 21 Juli 2020 18:13, Dibaca 58 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Barat – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran terus mendorong pelestarian satwa yang dilindungi, salah satunya adalah Rusa atau Menjangan. Saat melakukan kunjungan ke Penangkaran Rusa di PT. Sulung Ranch, Gubernur menekankan pentingnya pelestarian satwa ini agar tidak mengalami kepunahan.

Penangkaran yang terletak di Desa Sulung, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat ini menampung sekitar 307 ekor Rusa dengan luas area kurang lebih 63 Hektare. Sementara untuk pakan, diproduksi langsung di pabrik pengolahan yang berada di area PT. Sulung Ranch.

(Baca Juga : Sukseskan Percepatan pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kalimantan Tengah)

“Rusa ini termasuk satwa yang dilindungi” tegas Gubernur H. Sugianto Sabran, Selasa (21/7/2020).

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan telah melakukan program pelestarian satwa yang dilindungi. Program ini akan terus ditingkatkan, demi menjaga kelestarian satwa-satwa di Bumi Tambun Bungai.

“Kunjungan ini merupakan upaya kita untuk melihat secara langsung, mencari ide dan gagasan serta membuat perencanaan untuk program pemerintah kedepannya” ucapnya.


Gubernur H. Sugianto Sabran juga menyempatkan diri untuk memberi pakan ternak kepada Rusa, serta tidak lupa menghimbau kepada para pekerja dan pemilik usaha agar terus menaati protokol kesehatan di lingkungan kerja, demi memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Saya menghimbau kepada masyarakat, usai beraktifitas agar selalu mencuci tangan, menggunakan masker dan menaati protokol kesehatan” pungkasnya.

Hadir secara khusus Anggota DPR RI H. Agustiar Sabran, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kabinda Kalteng Urip Slamet Widodo, serta Owner PT. Sulung Ranch H. Abdul Rasyid AS, dan Bupati Kotawaringin Barat Hj. Nurhidayah.(Ari/Foto:Asep)

Widia Natalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook