Kaji Banding DPRD Hulu Sungai Utara ke DPRD Kota Palangka Raya

Kontribusi dari Iin Carolina, 15 September 2018 13:12, Dibaca 26 kali.


MMCKalteng - DPRD Kota Palangka Raya mendapat kunjungan dari rombongan dari DPRD Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (14/09)

Kedatangan rombongan DPRD Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan ke Kota Cantik Palangka Raya selain menjalin tali silaturahmi juga melaksanakan kaji banding mengenai tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, selain itu kaji banding juga mengenai penyertaan modal pemerintah pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya.

(Baca Juga : Berbagi Informasi dan Berbagi Kasih Di Rumah Baca dan Belajar \" Rangsel Buku\")

Ketua DPRD Hulu Sungai Utara, Sahrujani mengungkapkan aturan tata tertib harus disahkan tanggal 9 Oktober 2018 mendatang, sehingga DPRD HSU merasa perlu untuk mencari referensi. 

DPRD Kota Palangka Raya, baru juga mau dibentuk pansusnya namun telah mendapatkan referensi dari DRPD Pemerintah Kota Solo dan referensi ini dibagikan ke DPRD HSU, dan kami bisa juga Benchmark ke sana untuk dapat mempelajarinya, ujar Sahrujani.

Terkait tentang Penyertaan modal pemerintah daerah pada PDAM, Ketua DPRD HSU mengatakan, bahwa pihaknya ingin menerapkan diwilayahnya nanti.

Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto yang menerima langsung rombongan Kaji Banding mengatakan wajib bagi lembaga DPRD untuk saling sharing mengenai peraturan pemerintah terkait tata tertib DPRD "apa saja poin yang harus dimasukkan dan bagaimana sistem pelaksanaan kedepannya nanti" ditambahkan Sigit.

Sedangkan topik pembahasan lainnya tambah Sigit, pihaknya berkesempatan untuk berbagi pengetahuan mengenai peran serta DPRD dalam memberikan dukungan bagi Perusahaan Daerah.

"Saya katakan, DPRD harus mendukung dalam bentuk peraturan daerah,  yang membuat legalitas penyertaan modal pemerintah kepada Perusahaan Daerah menjadi kuat" tuturnya.

 

Iin Carolina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook