Infrastruktur dan Listrik jadi Catatan Aspirasi

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 13 September 2018 07:33, Dibaca 610 kali.


MMCKalteng - Sejumlah aspirasi menjadi catatan dalam pelaksanaan reses per kelompok, belum lama ini. Salah satunya ada dari daerah pemilihan (Dapil) I yang meliputi Palangka Raya, Katingan, dan Gunung Mas. 

Wakil rakyat dari Dapil tersebut Anggoro D Purnomo mengatakan, aspirasi yang disampaikan seperti usulan penyelesaian jalan khususnya Tumbang Senamang ke Bukit Raya, yang memang sebagian sudah bagus. "Informasinya sudah dianggarkan di APBN dan kita berharap ke depan bisa terselesaikan," ujar Anggoro ketika ditemui usai rapat kerja, Rabu (12/9).

(Baca Juga : 2020 DPRD Agendakan Sosialisasi 4 Pilar Bernegara)

Selain itu, persoalan lainnya yang juga menjadi keluhan seperti listrik. Solusinya bisa dengan menggunakan PLTS, di mana saat ini masih belum ada jaringan. Apalagi kebutuhan penerangan menjadi salah satu persoalan vital bagi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari.

Lalu usulan lainnya seperti keinginan jaringan telekomunikasi di mana kendala yang terjadi, ucapnya, masyarakat kesulitan dalam mengakses informasi atau komunikasi. Pihaknya sendiri mengakui persoalan tersebut ketika berkunjung ke wilayah Tumbang Kajamei dan Tumbang Baraoi.

“Untuk mengabarkan kunjungan dewan ke jajaran aparatur kecamatan dan desa, kami harus menggunakan sarana telepon dari perusahaan, karena di wilayah setempat tidak ada sinyal,” kata legislator dari Partai Gerindra tersebut.

Dari informasi di lapangan, untuk bisa mendapatkan sinyal atau melakukan komunikasi melalui telepon seluler, masyarakat harus mencari bukit atau kawasan yang agak tinggi.

Terkait itu warga setempat sangat berharap, didirikannya jaringan telekomunikasi yang menghasilkan sinyal. Untuk aspirasi ini, Anggoro berharap ada koordinasi antara pemerintah dan pihak provider untuk bisa mendirikan tower jaringan.

Dengan begitu akses telekomunikasi dan informasi di lingkup masyarakat berjalan dengan baik bahkan mencegah terjadinya terisolirnya suatu wilayah akibat minimnya akses komunikasi.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook