Ditjen Prasarana Dan Sarana Pertanian Kementan RI Hadiri Acara Panen Raya Di Kabupaten Pulang Pisau

Kontribusi dari Kominfo Pulang Pisau, 20 Agustus 2018 11:17, Dibaca 11 kali.


MMCKalteng - Panen Raya Padi Kegiatan Optimasi Lahan Sawah Menuju Organik yang diselenggarakan di Desa Belanti Siam Blok A Kecamatan Pandih Batu Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah, Senin (20/8). Nampak hadir dalam acara Panen Padi tersebut Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Pending Dadih Permana diwakili oleh Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan, Endah Megawati menyampaikan dalam “Bahwa dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan Nasional, Presiden Republik Indonesia (RI) menargetkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045,” ujarnya.

Endah juga menyampaikan, dalam mewujudkan hal tersebut ada terdapat tiga masalah utama yang berpotensi menghambat pencapaian Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045 yaitu, pertama Indeks Pertanaman (IP), kedua menurunnya produktivitas lahan, dan ketiga semakin menyempitnya lahan pertanian. Untuk mengatasi ke tiga masalah tersebut Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian RI memprogramkan beberapa kegiatan diantaranya, pertama meningkatkan IP melalui program optimasi lahan rawa dengan pengembangan sumber air dan perbaikan jaringan serta penggunaan alat mesin pertanian (AlsinTan), kedua meningkatkan Produktivitas melalui Program pengembangan Optimasi Lahan sawah menuju organik penggunaan pupuk berimbang dan pupuk organik,ditambah dengan Program Asuransi Pertanian serta perbaikan dan Pengembangan jaringan Irigasi, ketiga menambah luas baku lahan pertanian melalui program pencetakan sawah baru dan pembukaan lahan kering.

(Baca Juga : Bupati Gunung Mas Hadiri Sidang Paripurna DPRD Tentang Perubahan Anggaran 2020)

“Dengan optimasi lahan sawah menuju organik dapat meningkatkan kesuburan tanah  dengan menggunakan pupuk organic,” ucapnya. Ia juga menuturkan dengan Keberhasilan yang dicapai dalam meningkatkan Produktivitas padi seperti yang disaksikan pada acara Panen Raya hari ini, akan meningkatkan kesejahteraan petani dan pada gilirannya petani kita termotivasi untuk melindungi lahan sawahnya dari ancaman konversi lahan, pungkasnya. (MC. Pulang Pisau/Kurniawan/Rj)

 

Kominfo Pulang Pisau

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook