Kapten Mulyono Resmi Menjadi Nama Bandara di Seruyan

Kontribusi dari Meirilina, 23 Juli 2018 08:40, Dibaca 1,126 kali.


MMCKalteng - Secara resmi Bandara di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, yang selama ini bernama Bandara Kuala Pembuang berganti nama menjadi Bandara Kapten Mulyono.

Bupati Seruyan H.Sudarsono, SH. didampingi Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir menandatangani prasasti nama bandara KAPTEN MULYONO Kuala Pembuang, Senin (23/7). Nampak hadir dalam acara tersebut dua putra dari Kapten Mulyono yang sekaligus menerima buku Sepan Biha yg diserahkan langsung oleh Bupati Seruyan.

(Baca Juga : Koordinasi Cegah Hoax)

Sudarsono mengatakan pergantian nama bandara ini dilakukan berdasarkan hasil kesepakatan dengan tokoh masyarakat dan pejabat. Ia menjelaskan, penggunaan nama Kapten Mulyono ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah daerah dan masyakat Seruyan untuk mengenang jasa pahlawan yang berjuang melawan para penjajah.

Dalam catatan sejarah, Kapten Mulyono memegang peran strategis dalam revolusi fisik melawan pasukan Belanda pada 1947 di pedalaman Kalimantan, khususnya untuk wilayah hulu Sungai Seruyan.

Dengan kode pasukan M N 1001 Kapten Mulyono mendapat tugas khusus untuk merekrut pejuang di pedalaman Kalimantan dan mengomandoi pelatihan militer yang dipusatkan di Sepan Biha Desa Tumbang Manjul Kecamatan Seruyan Hulu.

"Kami berharap nama Kapten Mulyono dapat lebih dikenal dan menjadi motivasi bagi masyarakat Seruyan agar berbuat yang terbaik bagi daerah dan bangsa ini, serta kedepanya bandara sendiri menjadi lebih baik dan maju," katanya. (my/Prokom/Kominfo)

Meirilina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook