Bantuan BTS untuk Seruyan

Kontribusi dari Meirilina, 19 Juli 2018 10:24, Dibaca 4 kali.


MMCKalteng - Untuk memeratakan akses internet merata di seluruh Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana untuk membangun Base Transceiver Station (BTS) secara masif sepanjang tahun 2018. Bertempat di Aula Kantor Camat Seruyan Hulu, Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir memimpin Rapat rencana pembangunan tower BTS yang diadakan di Kec. Seruyan Hulu dan Kec. Suling Tambun, Kamis 19 Juli 2018.

Wakil Bupati Seruyan menyampaikan kepada masyarakat “Akan ada rehab rumah untuk warga desa yang kurang mampu. Beliau juga meminta kepada masyarakat yang hadir agar dapat mehibahkan tanah nya berukuran 20x20 m untuk mendirikan tower BTS tersebut, demi lancarnya telekomunikasi kelak”,ujarnya.

(Baca Juga : Sinergitas Lintas Sektor Mewujudkan Palangka Raya Kota Layak Anak)

Untuk memeratakan akses internet merata di seluruh Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana untuk membangun Base Transceiver Station (BTS) secara masif sepanjang tahun 2018.

BTS yang sebagai pemancar layanan telekomunikasi ini ditargetkan dapat terbangun sampai di angka 5.000 unit lewat program BTS Universal Service Obligation (USO). Kominfo akan menancapkan BTS tersebut di area yang tidak dimasuki operator seluler karena faktor bisnis.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi ini merupakan implementasi dari program BTS USO oleh Kementerian Kominfo yang dikerjakan melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI).

Sebelum menyandang nama BAKTI, divisi Kominfo yang mengurusi penyediaan internet di daerah terpencil ini bernama Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI).

Program BTS USO adalah bantuan pembangunan BTS di wilayah blankspot atau tidak terpancar sinyal telekomunikasi dari BTS komersial untuk melayani akses telekomunikasi.

Melalui skema bottom up, titik lokasi pembangunan merupakan usulan dari pemerintah daerah (pemda) dengan menyediakan lahan hibah yang akan menjadi lokasi pembangunan BTS. Lalu BAKTI menyediakan infrastrukturnya.(my/Kominfo)

 

Meirilina

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook