Gubernur Kalimantan Tengah Membuka Sosialisasi Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019

Kontribusi dari Widianatalia, 05 Juli 2018 13:00, Dibaca 821 kali.


MMCKalteng – Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 di Hotel Aquarius Boutique, Kamis (5/7).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Drs. Syarifuddin, MM, Direktur Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri Drs. Arsan Latif, M.Si, Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, unsur tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah serta instansi terkait lainnya.

(Baca Juga : Ekspor Perdagangan Luar Negeri Kalteng Naik Sebesar 8,84 Persen)

Dalam sambutannya Gubernur  Kalimantan Tengah  menyampaikan  dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 harus sinkron dengan kebijakan pemerintah sesuai dengan tujuan RPJMN 2015-2019 yaitu “Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia dan Masyarakat Indonesia secara berkelanjutan”. Penyusunan RKP Tahun 2019 dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan pendekatan penganggaran yang lebih fokus pada program/kegiatan yang terkait langsung dengan prioritas nasional serta memberi dampak langsung bagi masyarakat, yaitu dengan cara memastikan hanya program yang benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekedar karena tugas fungsi Kementerian/Lembaga yang bersangkutan.

Dengan memperhatikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 bahwa Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2019 tetap menganut prinsip yaitu sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan Daerah, tertib, tepat waktu, transparan, partisipatif serta tidak bertentangan dengan kepentingan umum, peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan peraturan daerah lainnya.

Gubernur Kalimantan Tengah berharap serta mengajak para peserta sosialisasi untuk memanfaatkan pertemuan yang penting ini untuk menggali dan memahami hal-hal terkait dengan masalah pengelolaan keuangan daerah. Sehingga diharapkan setelah mengikuti Sosialisasi ini para peserta sudah memahami dan melaksanakan di daerah masing-masing. (Foto:Yudis)

 

 

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook