Mengenang Sosok Ir. Soekarno

Kontribusi dari Widianatalia, 06 Juni 2018 12:00, Dibaca 2,027 kali.


Ir. Soekarno merupakan proklamator sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia  yang lebih akrab di panggil Bung Karno. Selain itu, melalui perjuangan yang sangat keras dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno bersama Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia dan sekaligus dikenal sebagai pencetus Pancasila.

Dalam profil dan biografi Ir. Soekarno disebutkan, lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901 dan wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta. Ir. Soekarno memiliki nama kecil Koesno Sosrodihardjo dan dilahirkan dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai.

(Baca Juga : Wajah Kampung Ramadan)

Sosok Ir. Soekarno sangat dikagumi oleh masyarakat diberbagai kalangan karena beliau memiliki banyak sekali keistimewaan salah satunya yaitu wibawa dan kharismatik yang sangat tinggi.

Presiden Pertama Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Ir. Soekarno bersama Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajahan Jepang dimana pada tanggal tersebut diperingati juga sebagai Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia dimana Pancasila kemudian dibentuk oleh Ir. Soekarno sebagai dasar dari Negara Indonesia.

 

Melalui Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang kemudian membawa Ir. Soekarno bersama dengan Mohammad Hatta diangkat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia dalam sejarah Bangsa Indonesia. Selain itu, Ir. Soekarno dikenal sebagai Pahlawan Proklamasi.

Gelar “Pahlawan Proklamasi” diberikan oleh pemerintah karena jasa-jasanya kepada bangsa Indonesia. Kisah perjuangan Bung Karno kemudian diangkat ke dalam layar lebar yang berjudul “Soekarno : Indonesia Merdeka” yang digarap oleh sutradara terkenal Hanung Bramantio dimana Ario Bayu berperan sebagai Tokoh Ir. Soekarno, Inggit yang diperankan oleh Maudy Koesnaedi dan Fatmawati yang diperankan oleh Tika Bravani.

Masa jabatan sebagai Presiden Republik Indonesia berakhir ditandai dengan diangkatnya Presiden Soeharto. Diketahui dalam biografi, Ir. Soekarno banyak menghabiskan waktunya di istana Bogor.

Pencetus Ideologi Pancasila

Pada tanggal 1 Juni merupakan Hari Lahir Pancasila. Latar belakang adanya Hari Lahir Pancasila yaitu pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno mencetuskan untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara. 

Namun, Pancasila yang diusulkan oleh , Ir. Soekarno  saat itu cukup berbeda dengan Pancasila yang kita kenal saat ini. Perbedaan itu, terutama dalam hal susunan redaksi, sistematika, atau urutan sila-silanya. 

Naskah resmi Pancasila yang menjadi rumusan resmi adalah Pancasila dalam pembukaan UUD yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 yaitu setelah Indonesia merdeka melalui rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI), bersamaan dengan disahkannya UUD 1945 sebagai Undang-Undang Dasar Negara. (Foto:Asep)

Widianatalia

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook